Digital Media Online

Pemalang Siap Tanggulangi Tuberculosis

0 52
RAD TB kab. Pemalang

RAD TB kab. Pemalang

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Penyakit Tuberculosis (TB) yang masuk kategori penyakit paling menyiksa lantaran proses penyembuhannya membutuhkan waktu relatif lama, perjalanannya bakal mendapat hambatan signifikan di wilayah Kabupaten Pemalang.

 
Pasalnya, di Pemalang tengah menyiapkan sebuah aksi penanggulangan yang tim penyusunnya telah dibentuk dan akan segera bergerak. Hal itu terungkap dalam pertemuan Rencana Aksi Daerah (RAD) Penanggulangan TB Kabupaten Pemalang, yang digelar di Ballroom Hotel Winner, Rabu (30/11).
 
Kabid Pencegahan Dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) H Mamid, terkait hal tersebut menuturkan, inti dari pertemuan adalah membentuk Tim Penyusun yang nantinya akan membentuk RAD. Setelah mendapatkan legitimasi SK Bupati tim akan kembali menggelar rapat untuk rencana aksi penanggulangan.
 
“Setelah tim terbentuk nantinya tim-lah yang akan membentuk RAD. Diharapkan RAD sudah terbentuk Desember 2017 mendatang,” jelas H Mamid usai menyajikan materi.
 
Dijelaskan, Case Notification Rate (CNR) yakni penemuan TB semua kasus yang tercatat dalam target di Jateng adalah 117 orang per 100.000 penduduk. Untuk di Pemalang, angkanya 115 per 100.000 penduduk. Sehingga untuk Pemalang masih dibawah target.
 
Sedangkan untuk Case Detection Rate (CDR) atau penemuan penderita baru TB positif targetnya 70 persen. Di Kabupaten Pemalang dalam tahun 2015 ditemukan 73,80 persen.
 
H Mamid menambahkan, inti dan tujuan pertemuan adalah penemuan penderita TB 90 persen (CDR) dan  117 per 100.000 penduduk (CNR) pada tahun 2035.
 
Pertemuan dihadiri 43 orang terdiri dari para Kepala Puskesmas, Komisi D DPRD, Bagian Humas, Bagian Kesra, Bappeda, Bapermas-KB, Aisiyah dan PKK. Dengan empat narasumber, masing-masing Supriadi dari Bappeda dengan materi seputar Pengantar Penyusunan RAD. Kabid P2P Dinkes H Mamid dengan materi Kebijakan Penaggulangan TB Jawa Tengah. Kasi Pengamatan Penyakit Bidang P2P Dinkes Slamet Budiono dengan materi Identifikasi Kesenjangan Penanggulangan TB tahun 2013-2015. Narasumber berikutnya dari Komiisi D DPRD Pemalang. (Mbah Nolo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.