Digital Media Online

Agus : Pramuka Tak Kenal Pensiun

0

img_20161117_211204

INFOPANTURA.COM-SLAWI – Tugas sebagai pembina adalah tugas mulia untuk mengantarkan generasi muda bangsa yang berkualitas, memiliki karakter yang unggul, menjadi patriot yang setia dan memiliki ketrampilan hidup (life skill).

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Orgakum, Drs Agus Subagyo MM dihadapan puluhan Pembina SD, SMP dan SMA/SMK Peserta Karang Pamitran Kwarran Slawi, Kamis (17/11) malam di Aula SMA 3 Slawi.

“Sebagai pembina Pramuka, itu tugas pengabdian, tanpa upah dan tanpa pamrih,” ujar Agus. Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Pusdiklatcab Dewaruci Kwarcab Tegal, Pelatih Cabang dan Pengurus Kwarran Slawi.

Agus menegaskan, bahwa setelah menjadi pembina tetaplah menjadi pembina Pramuka, karena didalam Gerakan Pramuka tidak mengenal pensiun. “Gerakan Pramuka hanya bisa memberikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi. Itulah jiwa ikhlas bakti bina bangsa ber budi bawa laksana,” tandasnya.

Menurut Kepala BLH Kab Tegal itu, Gerakan Pramuka, sebagai lembaga pendidikan non formal memiliki tujuan utama yang mulia yakni membentuk karakter kaum muda, menanamkan semangat kebangsaan, serta meningkatkan keterampilan generasi muda.

“Setidaknya ada 3 hal yang dibangun dalam Pendidikan Pramuka yakni meningkatkan karakter atau akhlakul karimah, meningkatkan wawasan kebangsaan dan life skill atau ketrampilan hidup,” imbuhnya.

Ketua Kwarran Slawi, Suhartono,S.Pd menjelaskan, Karang Pamitran bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas SDM para Pembina. “Kegiatan ini untuk membekali ketrampilan para pembina dalam mengelola Gugusdepan dan satuannya,” katanya.

Dia menambahkan, kegiatan karang pamitran diikuti oleh 65 Pembina dari pangkalan SD, SMP dan SMA sederajat se Kwarran Slawi. “Untuk Narasumber berasal dari para Pelatih Pusdiklat Kwarcab Tegal,” imbuhnya.

Disisi lain, Kepala Pusdiklatcab Dewaruci Tegal, Djoko Eko Pratomo, MPd mengatakan kegiatan Karang Pamitran Pembina layaknya kegiatan KKG / MGMP sehingga harus terus diprogramkan dan dilaksanakan oleh Kwartir. “Ini penting untuk meningkatkan mutu Pembina Pramuka”, pungkasnya (Humas)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.