Digital Media Online

Liburan ??? Kunjungi 5 Keindahan Wisata Di Solo Ini

0
wisata solo
wisata kota solo

INFOPANTURA.COM – Dikenal sebagai kota dengan nuansa etnis Jawa yang khas, Solo merupakan salah satu kota yang terbilang sedikit mendapat pengaruh dari arus budaya barat di Pulau Jawa. Hal tersebut membuatnya jadi tempat yang layak dikunjungi, bagi mereka yang ingin menikmati kekayaan budaya Jawa.

 

Tak jauh beda dengan Jogjakarta, Solo juga punya keraton, pasar tradisional, dan tempat wisata menarik lainnya. Rasanya tak cukup hanya tinggal semalam, untuk menikmati nuansa kota tradisional yang juga punya banyak candi megah ini.

 

Berminat berlibur ke Solo dalam waktu dekat? Mungkin Anda bisa memanfaatkan fasilitas sistem pemesanan tiket online dari maskapai Garuda Indonesia, atau maskapai lainnya untuk memudahkan perjalanan Anda.

 

Soal tempat wisata, tak perlu khawatir. Berikut kami sudah memilihkan lima tepat wisata menarik yang patut Anda kunjungi di Solo, khusus untuk Anda.

 

1. Kraton Surakarta

keraton-surakarta-solo

© telusurindonesia.com

Kraton Surakarta merupakan bagian dari sisa peninggalan era kerajaan di Pulau Jawa. Tempat ini sangat layak untuk dikunjungi, namun sebagian besar wilayahnya sudah rusak oleh kebakaran di tahun 1985. Tapi Anda tak perlu khawatir, lantaran pemerintah setempat sudah berinisiatif membangun kembali sebagian besar sisi dalam dari Kraton Surakarta.

 

Salah satu tempat paling menarik di kawasan ini adalah museum Sasono Sewoko. Di museum ini Anda akan menemukan berbagai koleksi patung perak dan perunggu Hindu-Jawa, senjata, peralatan antik, dan juga berbagai jenis kereta kuda.

 

2. Istana Mangkunegaran

istana-mangkunegaran-solo

© viva.id

Dibangun pada tahun 1757, Istana Mangkunegaran memiliki kondisi yang jauh lebih baik dari kraton dan merupakan tempat tinggal dari keluarga keturunan ningrat di Solo. Bagian tengah istana ini hadir dalam bentuk pendopo, sebuah paviliun dengan kombinasi gaya Jawa dan Eropa, dan juga merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Pendopo ini dihiasi dengan lukisan zodiak khas Jawa.

 

Di bagian belakang Istana Mangkunegearan terdapat museum. Kebanyakan memamerkan benda koleksi pribadi Mangkunegara VII. Anda bisa menemukan di antaranya gaun berlapis emas untuk pesta dansa istana, berbagai macam topeng, perhiasan, dan asesoris unik lain seperti cincin Buddha.

 

3. Museum Batik Danar Hadi

museum-batik-danar-hadi-solo

© blogspot.com

Danar Hadi merupakan salah satu museum batik terbaik di dunia, dengan jumlah koleksi yang luar biasa, mencakup jenis kain dari Jawa, Tiongkok, dan masih banyak lagi. Museum ini menempati sebuah bangunan kuno hasil peninggalan era kolonial BelAnda.

 

Dengan membayar tiket masuk, Anda sudah akan mendapatkan bantuan khusus dari pemandu tur (sekitar setengah jam), yang akan menjelaskan sejarah 10.000 koleksi yang batik yang ada di sini. Namun patut diingat bahwa Anda tidak diperkenankan mengambil gambar di Danar Hadi.

 

Terdapat berbagai maskapai penerbangan yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa menuju Solo dan mengunjungi Museum Danar Hadi. Namun bagi Anda yang tidak sempat memesan tiket secara langsung, bisa memanfaatkan fasilitas pemesanan online, seperti Garuda Indonesia online booking atau layanan pemesanan tiket dari maskapai lainnya.

 

4. Masjid Agung Solo

masjid-agung-solo

© kidsklik.com

Masjid Agung Solo merupakan masjid yang menjadi bagian dari keraton Surakarta. Dahulu kala, selain difungsikan sebagai tempat beribadah, masjid ini juga dimanfaatkan sebagai tempat memperdalam dan menyebarkan ilmu agama pada warga kerajaan.

 

Sunan Pakubuwono III merupakan sosok yang bertanggung jawab atas dimulainya pembangunan masjid ini pada tahun 1763, hingga akhirnya selesai limatahun kemudian.

 

Pada hari-hari tertentu, masjid agung solo akan ramai dengan diadakannya upacara sekaten atau grebeg. Sekaten merupakan hari peringatan ulang tahun Nabi Muhammad S.A.W sementara grebeg adalah tradisi khas Solo yang dimaksudkan untuk mengusir berbagai hal buruk dari kota.

 

5. Taman Sriwedari

taman-sriwedari-solo

© blogspot.com

Anda yang ingin menikmati kekayaan budaya Solo, wajib untuk mengunjungi Taman Sriwedari. Di tempat ini hampir setiap malam diadakan pertunjukan wayang orang dan seni budaya lainnya. Cerita yang dipentaskan biasanya berkisar antara kisah Ramayana atau Mahabarata. Taman ini sudah ada semenjak era Pakubuwana X dan sudah dikenal dengan tradisi malam seni atau Malam Selikuran semenjak saat itu.

 

Tunggu apa lagi? Segera rencanakan perjalanan Anda ke Solo untuk menikmati indahnya pertunjukan seni di Taman Sriwedari. Tak perlu ragu untuk segera memesan tiket ke maskapai penerbangan langganan Anda. Namun jika Anda tak punya banyak waktu di sela-sela kesibukan, tak ada salahnya memanfaatkan sistem pemesanan tiket online seperti Garuda Indonesia online booking. *Red

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.