Digital Media Online

Kolase Kapal dari 13.500 Ikan Petek Dipamerkan

0

Gambar: Kolase Kapal Nelayan dari Rangkaian 13.500 Ikan Petek hasil karya seni dari masyarakat nelayan Asemdoyong Pemalang
Gambar: Kolase Kapal Nelayan dari Rangkaian 13.500 Ikan Petek hasil karya seni dari masyarakat nelayan Asemdoyong Pemalang

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Kolase berdiamensi tinggi 1 m, lebar 2.75 m dan tebal 20 cm terbuat dari rangkaian 13.500 ikan Petek yang dikeringkan, dipamerkan di depan KUD Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Asemdoyong, kecamatan Taman, kabupaten Pemalang, Sabtu (1/10/2016).

Perwakilan nelayan, Mahmud mengungkapkan, proses pembuatan karya seni berupa kolase kapal nelayan dari rangkaian ikan petek tersebut berhasil diselesaikan dalam waktu 7 hari.

“Melalui rangkaian aktifitas bersama-sama dan semangat gotong royong para nelayan Asemdoyong, mulai dari pengumpulan ikan, pembuatan rangka, pengeringan ikan, hingga pemasangan ikan di rangka. Alhamdulillah, pada hari ini, hasil karya seni bisa dipamerkan,” kata Mahmud.

Sementara, perwakilan panitia baritan nelayan Asemdoyong, Suroso menyampaikan apresiasi dan suka citanya terhadap pencapaian tersebut.

“Kami, masyarakat Asemdoyong yang sebagian profesi sebagai nelayan, hidup dengan nilai-nilai gotong royong yang pekat dalam keseharian. Terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga sebuah karya seni yang mencerminkan semangat kebersamaan serta pertemanan yang nikmat, seru, dan menyenangkan diantara kami bisa terwujud. Tentunya, ini akan menjadi sebuah simbol rasa syukur yang tak terlupakan,” ungkapnya.

Terkait dipilihnya ikan Petek, Suroso menjelaskan, sejak puluhan tahun lalu, ikan petek telah menjadi tali kehidupan, cermin kemakmuran, serta simbol pemersatu masyarakat Asemdoyong.

“Setiap harinya, di musim apapun, nelayan Asemdoyong yang berasal dari berbagai suku dan latar belakang bisa mendapatkan sedikitnya 1 Ton ikan Petek. Dan secara otomatis, memberikan kontribusi ekonomi yang cukup besar bagi masyarakat Asemdoyong. Nah, sebagai bentuk kebanggaan dan rasa syukur terhadap tangkapan laut yang melimpah, dengan dukungan semua pihak kami pun bergotong royong menghasilkan karya seni berbahan dasar ikan Petek,” kata Suroso.

Sebagai bentuk partisipasi, masyarakat diajak untuk memberikan dukungan melalui cap tangan di Papan Penghargaan Ikan Petek. Adapun kolase yang dipamerkan kepada masyarakat tercatat sebagai rekor MURI dengan nama Kolase Kapal Nelayan dari Rangkaian Ikan Petek Terbanyak. (benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.