Digital Media Online

Kali Pertama di Indonesia, Desa Penggarit Pemalang Akan Gelar Festival Mangga

0
Kepala desa Penggarit Imam Wibowo
Kepala desa Penggarit Imam Wibowo

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Dengan potensi kurang lebih 51Ha kebun Mangga dan 10.000 pohon Mangga yang terdapat di pekrangan rumah penduduk, desa Penggarit Pemalang bakal menggelar Festival Mangga.

 

“Mungkin festival ini baru pertama kali di Pemalang, bahkan di Indonesia,” jelas kepala desa Penggarit Imam Wibowo, Minggu (18/9), ditemui usai agenda sepeda sehat.

 

Dikatakanya, selain potensi Mangga yang begitu besar, keprihatinan terhadap produk Mangga Pemalang yang diakui bahkan di beri merk oleh daerah lain menjadi salah satu dasar bagi terselenggaranya festival tersebut.

 

“Dengan adanya Festival Mangga ini, diharapkan akan membuka mata masyarakat luas bahwa buah Mangga yang selama ini terkenal manis dan enak itu berasal dari Pemalang,” ucap Imam.

 

Ditambahkannya, Festival Mangga direncanakan akan digelar selama 2 hari pada Sabtu dan Minggu awal November 2016.

 

“Rencana akan digelar pada tanggal 5 dan 6 Novmber 2016 dan dipusatkan dilapangan desa Penggarit dengan didukung stand produk local olahan Mangga,” imbuh Imam.

 

Mengawali festival nanti, tandas Imam, akan dilaksanakan prosesi ritual pengantin mangga yang akan diarak keliling desa dengan mengambil start dari dari makam Pangeran Benowo menuju lapangan desa Penggarit dan masuk ke gunungan Mangga yang telah disiapkan.

 

“Diibaratkan dalam ritualnya nanti akan disandingkan Pangeran Wirasangka dengan Dewi Arumanis. Adapun nama Wirasangka dan Arumanis sendiri diambil dari nama varian atau jenis Mangga dimana apabila dikawinkan (okulasi) akan menghasilkan Mangga Istana. Dan usai ritual, Mangga yang ada digunungan tersebut akan dibagikan ke pengunjung sebagai ungkapan rasa syukur atas panen raya,” pungkas Imam. *SE(benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.