Digital Media Online

103 Guru Dilatih Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT dan Android

0

pelatihan guruINFOPANTURA.COM – SLAWI – Sebanyak 103 Guru Mata Pelajaran (Mapel) SMP se Kabupaten Tegal dilatih Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT dan Android, Sabtu (3/9) kemarin. Kegiatan berlangsung selama sehari mulai pukul 07.30 s.d 16.00 Wib di Aula Dinas Dikpora Kabupaten Tegal.

Kepala Seksi Kependidikan SMP Dinas Dikpora Kab. Tegal, Tofik Rohadi,S.Pd,M.Pd selaku Ketua Penyelenggara, menjelaskan kegiatan pelatihan sebagai upaya memenuhi regulasi terbaru dan merupakan kebutuhan mendesak untuk updating kemampuan guru sebagai pembelajar masa kini yang aktif kreatif, inovatif dan menyenangkan menuju guru profesional.

“Peserta 103 guru SMP hebat yang terpilih. Mereka terdiri dari 11 Mapel yakni Pendidikan Agama 10 orang, PKn 10 orang, Bahasa Indonesia 10 orang, Bahasa Inggris 10 orang, Matematika 9 orang, IPA 9, IPS 9 orang, Seni budaya 9 orang, Penjasorkes 9 orang, Prakarya/TIK 9 orang, dan Bahasa Jawa 9 orang,” bebernya

Kepala Dinas Dikpora Kab. Tegal, Salu Panggalo,SH berharap pelatihan dapat memberikan pembekalan bagi guru SMP dari 11 Mapel untuk memanfaatkan dan membuat media pembelajaran sebagai tuntutan jaman dan teknologi pendidikan. Selain itu juga dapat memastikan setiap guru untuk menguasai teknologi pendidikan terkini yang diaplikasikan dengan kebutuhan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan pembelajaran yang aktif dan kreatif.

“Dengan pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hanya sayangnya apa yang terjadi terbatasnya SDM dan fasilitas IT menjadi tantangan kita,” ungkap Salu.

Dalam pelatihan tersebut menghadirkan sejumlah Narasumber dari profesionalis yakni Nur Rokhman, M.Pd. Guru SMA Negeri 1 Kramat yang pernah 4 kali juara 1 Pembuatan Multi media Media Pembelajaran, Blog Pendidikan, Bahan ajar interktif Provinsi Jateng, Medali Perunggu Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2008 menyampaikan materi Pembuatan Media Power Point dan Flesh; Andicha Octaffianto Yudho Narottama, M.Pd dari BPTIKP Jawa Tengah menyampaikan materi Pembuatan media pembelajaran berbasis IT dan Android; Suplemen materi pemanfaatan media pembelajaran Quiper School dan Quiper Vidio Berbasis IT Dan Android Oleh Fajri Nuari dari Jakarta dan Tofik Rochadi,S.Pd. M.Pd yang menyajikan materi Pemanfaatan Media dan Sumber Pembelajaran.

Salah satu Narasumber dari BPTIKP Jawa Tengah, Andicha Octaffianto mengapresiasi kegiatan pelatihan yang digagas Dinas Dikpora Kab. Tegal. Menurutnya Pelatihan berbasis android baru pertama kali di Jawa Tengah. “Latihan yang terbatas waktu ini sebagai suatu awal untuk mengembangkan media pembelajaran setelah praktek membuat animasi dengan media Flesh pro CS 6, memberikan manual book android, beberapa template siap pakai untuk dikreasi oleh guru sesuai konten materi yang relevan,” ungkapnya. (Hasan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.