Digital Media Online

Pemkot Beri Perhatian Lanjut Usia Diperingatan HLUN

0

INFOPANTURA.COM-TEGAL – Pemerintah Kota Tegal menggelar Apel bersama Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-20 Tingkat Kota Tegal Tahun 2016 sebagai bentuk perhatian dan pelayanan khususnya di bidang sosial, keagamaan dan kesejahteraan dan memberi ruang kepada lansia untuk memberikan sumbangsihnya kepada Kota Tegal.

“Acara Apel bersama dan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HLUN sebagai upaya Pemkot  Tegal memperhatikan para lanjut usia. Bahkan Pemkot memberikan ruang bagi para lansia yang masih bersemangat unuk memberikan sumbangsihnya demi kemajuan Kota Tegal,” ungkap Walikota Tegal KMT Hj. Siti Masitha Soeparno usai memimpin Apel Bersama HLUN di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal, Kamis (02/06/2016).

Apel bersama HLUN diikuti oleh sekitar 1.700 lansia di Kota Tegal yang dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba dalam rangka HLUN Tingkat Kota Tegal. Antara lain lomba Kelompok Usia Lanjut (Poksila) antara lain lomba menyanyi, lomba membaca teks, lomba pidato, lomba pelaksana terbaik Poksila kategori administrasi Poksila, Lomba Pelaksana Terbaik Poksila Kategori Pelayanan, dan Lomba Pelaksana terbaik Poksila Kategori Pengembangan.

Kemudian dilanjutkan dengan senam bersama, pemeriksaan kesehatan gratis, Paparan Kesehatan lanjut usia,  talk show dan pengundian doorprize.

Walikota mengatakan kegiatan Apel Bersama dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan diharapan semakin memotivasi dan menggerakan keluarga, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Kota Tegal untuk memiliki kepedulian, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan lansia  dengan mengembangkan jiwa dan semangat kesetiakawanan sosial.

Ketua Komda Lansia Kota Tegal Drs. HM. Nursholeh, M.MPd dalam laporannya mengatakan dengan Pemerintah telah menetapkan tanggal 29 Mei sebagai Hari Lanjut Usia Nasional, berbagai kegiatan dalam HLUN tingkat Kota Tegal yang dilaksanakan dimaksudkan untuk pemberian penghormatan dan penghargaan kepada para Warga Negara Indonesia yang termasuk Lanjut Usia atas prestasi dan pengabdian yang telah diberikan kepada keluarga, masyarakat, bangsa dan negara Indonesia dan merupakan bagian dari Budaya Bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan oleh para generasi penerus.

“Tujuan melembaganya nilai-nilai sosial masyarakat untuk selalu meneladani dan menghargai keberadaan lanjut usia sebagai pemersatu bangsa, terwujudnya dan meningkatnya kesadaran para lanjut usia, keluarga dan masyarakat akan arti pentingnya makna kehidupan berbangsa dan bernegara melalui berbagai kegiatan terpadu antara masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan lanjut usia. Kemudian termotivasinya dan bergeraknya para individu, keluarga, organisasi sosial,  masyarakat dan dunia usaha dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia,” kata Nursholeh yang menyebut tema kegiatan HLUN yakni Bersama Lansia, dari Lansia untuk Lansia. Dan sub tema lanjut usia berperan dalam peningkatan pembangunan kesejahteraan sosial.

“Selain kegiatan hari ini (Kamis, red), juga dilaksanakan anjangsana ke Panti Purboyuwono di Brebes,” pungkasnya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.