Digital Media Online

Jelang Ops Ramadniya Candi 2016, Polres Pemalang Gelar Rakor Linsek

0
rakor linsek polres pemalang jelang ops ramadniya candi 2016
rakor linsek polres pemalang jelang ops ramadniya candi 2016

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Jelang pelaksanaan Operasi Ramadniya Candi 2016, Polres Pemalang gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) di gedung Rekonfu Mapolres Pemalang, Senin (20/6).

 

Dipimpin langsung oleh Kapolres Pemalang AKBP Kingkin Winisuda, S.H., S.I.K., rakor di hadiri Wakapolres, para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, serta tamu undangan dari Kepala Jasa Raharja, Kodim, Polisi Militer, Dan Pomal, Dishub, Dinas Pariwisata, DPU,  satpol PP, Orari, PLN, Kesbangpolinmas,Diskoperindag, Rapi, Damkar, PT KAI Pemalang, Telkom, Pertamina, serta Dinkes.

 

Dalam sambutannya Kapolres menyampaikan, perayaan Idul Fitri atau Lebaran merupakan kalender kamtibmas tahunan yang dirayakan oleh umat Muslim diseluruh dunia khusunya warga masyarakat di Kabupaten pemalang, di awali dengan pelaksanaan ibadah puasa ramadhan juga tradisi mudik perantau.

 

“Seiring dengan tradisi tersebut, akan terjadi peningkatan kerawanan baik Kamtibmas maupun  Kamseltibcar lantas, dimana masyarakat yang mudik akan membawa budaya positif maupun negatif yang dapat menimbulkan kerawanan antara lain perkelahian, tawuran antar pemuda/warga, pesta miras/narkoba maupun hal–hal lainnya. Adapun untuk kerawanan Kamsetibcar lantas akan adanya peningkatan volume kendaraan yang melewati jalur pantura maupun jalur selatan wilayah Kabupaten Pemalang menjelang, pada saat dan setelah perayaan Lebaran 1437 H,” ungkap Kapolres.

 

Dikatakanya, pelaksanaan pengamanan lebaran tahun ini akan sangat menguras fikiran maupun fisik, karena diperkirakan volume kepadatan arus lalu lintas di wilayah hukum Polres Pemalang khususnya pada arus mudik akan mengalami peningkatan yang signifikan seiring dengan difungsikanya jalur Tol sampai dengan wilayah hukum Polres Tegal Kota.

 

“Maka dari itu, diharapkan semua lini yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pengamanan lebaran tahun 2016 dapat memberikan pelayanan yang terbaik secara maksimal sehingga rasa aman, lancar dan kondusif dapat dirasakan baik masyarakat pemalang khususnya maupun masyarakat yang melintas di wilayah Pemalang umumnya,” kata Kapolres.

 

Keberhasilan Polres Pemalang, tegas Kapolres, bukan semata-mata atas kerja keras anggota. Namun berkat partispasi dan kerjasama masyarakat serta instansi terkait yang ada di wilayah kabupaten Pemalang.

 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolres menyampaikan  point-point yang perlu dipahami oleh seluruh peserta Rakor bahwa pelaksanaan pengamanan Idul Fitri 1437 H;

 

1. Terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan perayaan Idul Fitri 1437 H, baik pada saat beribadah puasa, sholat Iedi, bersilaturahmi, berwisata maupun berbagai aktifitas lainnya,

2. Terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas bagi masyarakat yang bepergian, baik yang menggunakan moda angkutan darat baik kereta api maupun bus yang melintas di wilayah Kabupaten Pemalang,

3. Terjaminnya keamanan dan kelancaran distribusi bahan pokok dan BBM, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat terhadap harga dan ketersediaannya,

4. Terwujudnya keamanan dalam aktivitas terminal Bus/angkutan maupun stasiun kereta api untuk menjamin keselamatan penumpang dan barang selama perjalanan maupun setibanya di tempat tujuan,

5. Terbangunnya kesiap-siagaan sistem tanggap darurat, melalui koordinasi sinergitas lintas sektoral dan antar komponen masyarakat dalam menghadapi situasi darurat yang datang secara tiba–tiba, seperti bencana alam, bencana non alam dan bentuk–bentuk keadaan darurat lainnya.

 

sumber: Humasres Pemalang

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.