Digital Media Online

Kepala Desa Diajak Terapkan Kepemimpinan Alam Raya

0

pelantikan kades1
INFOPANTURA.COM-BREBES-Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE mengajak kepada Kepala Desa yang baru dilantik untuk menerapkan kepemimpinan alam raya. Dalam artian menyerap sifat-sifat kebaikannya dari fenomena alam yang setiap hari melingkupi kehidupan manusia.

“Berbagai sifat kepemimpinan Hasta Brata, surya, candra, kartika, angkasa, maruta,  samudera, dahana, dan Bumi sangat baik sifat kebaikannya dan bisa dicontoh oleh kita,” ajak Bupati mengambil sumpah dan pelantikan kepala desa serentak di Islamic Center Brebes, Senin (9/5/16).

Lebih jauh Bupati menjelaskan, kepemimpinan Surya (matahari) memancarkan sinar terang sebagai sumber kehidupan. Candra (bulan), yang memancarkan sinar ditengah kegelapan malam. Kartika (bintang), memancarkan sinar kemilauan, berada ditempat tinggi hingga dapat dijadikan pedoman arah. Angkasa (langit), luas tak terbatas, hingga mampu menampung apa saja yang datang padanya. Maruta (angin), selalu ada dimana-mana tanpa membedakan tempat serta selalu mengisi semua ruang yang kosong. Samudra (laut/air), betapapun luasnya, permukaannya selalu datar dan bersifat sejuk menyegarkan. Dahana (api), mempunyai kemampuan membakar semua yang bersentuhan dengannya. Dan Bhumi (bumi/tanah), bersifat kuat dan murah hati.

Disamping itu, Idza berpesan agar kepala desa yang baru dilantik mampu bekerja dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugasnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. ”Saya juga berharap agar Kades bisa membangun kemitraan dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk dengan Badan Perwakilan Desa,” ajaknya.

Yang tidak kalah penting, kata Idza, Kepala Desa harus menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa, baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruan. Sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi. ”Terlebih desa telah diberi kewenangan untuk mengelola dana desa yang jumlahnya cukup besar, dengan alokasi dasar sebesar Rp 565.640.000,-” ujarnya.

Dan agar dapat mengelola dana desa dengan baik, dia meminta pada kepala desa untuk senantiasa mempelajari, memahami dan berpegang teguh pada peraturan yang ada. ”Jangan sampai menabrak aturan, agar terhindar dari masalah hukum di kemudian hari,” ucapnya mengingatkan.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Brebes M Amrin Alfi Umar menjelaskan, pelantikan dibagi dalam tiga wilayah yakni wilayah utara, tengah dan selatan yang telah melaksanakan Pilkades Serentak pada 17 April 2016 lalu.

Untuk wilayah utara, dilantik 12 Kepala Desa yang meliputi Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, Losari.
Pelantikan ditandai dengan penyematan tanda jabatan pada masing-masing dada kepala Desa oleh Bupati Brebes.

Ribuan pendukung dari masing-masing tumpah ruah diluar arena pelantikan, sementara undangan resmi berada di arena dalam Islamic Centre. Suasa berjalan hikmat dan meriah usai pelantikan seraya bersalam-salaman dan foto selfi bareng Bupati dan wakil bupati. (wasdiun)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.