Digital Media Online

Pemkot Gelar Pameran Media Massa Pertama Kali

0

PicsArt_04-14-05.41.29

INFOPANTURA.COM-TEGAL – Pameran Media Massa yang dipandegani Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Tegal dalam rangka Hari Jadi ke-436 Kota Tegal dinilai mampu memberikan hiburan edukatif kepada masyarakat.

“Saya mengapresiasi penyelenggaraan pameran media massa ini. Karena selain turut memeriahkan momentum Hari Jadi Kota Tegal yang ke-436, juga untuk memberikan hiburan edukatif kepada masyarakat,” ungkap Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno saat memberi sambutan Pembukaan Pameran Media Massa di Halaman Eks Samsat Kompleks Balaikota Tegal, Rabu (13/04).

Selain baru pertama kali di laksanakan karena selama ini belum ada event yang memperkenalkan berbagai jenis media massa, baik yang berskala nasional, regional, maupun lokal secara bersamaan, kegiatan tersebut dianggap penting, mengingat Kota Tegal memiliki sejarah jurnalistik yang cukup panjang.

Diungkapkan Walikota, kurang lebih sepuluh tahun setelah Indonesia merdeka, sudah ditemukan media massa di Tegal. Meski kala itu masih dalam bentuk lembaran berita, tetapi fungsi komunikasi telah berlangsung. Lembaran berita yang terdiri hanya empat halaman, sangat bisa dimaklumi. Karena kala itu kondisi perekonomian nasional masih belumlah stabil, dan banyak hal yang belum bisa dijangkau oleh masyarakat.

Seiring berjalannya waktu, kondisi media massa lokal berangsur membaik. Terlebih pasca penangkapan letkol untung di Tegal, dimana media massa nasional menyajikan berita melalui kerjasama dengan media lokal. Sejak itulah madia lokal mendapat tempat di dunia jurnalistik nasional.

“Bicara tentang jurnalistik maka kita bicara tentang metode penyampaian informasi yang faktual, menarik dan bertanggung jawab. Banyak seni dalam metode penulisan jurnalistik, dan setiap media memiliki pilihan gaya penulisan sendiri. Hal inilah yang menjadi ciri dari masing-masing media. Termasuk didalamnya adalah tentang strategi pencarian berita dan penyajian berita. Itupun menjadi ciri bagi media,” tutur Walikota.

Dalam strategi pencarian berita, Walikota menyebut ada pameo : siapa cepat dapat berita, dialah unggul. Dan dalam penyajian berita pun beragam cara antar media. Karena ada sebagian media yang memilih untuk menyajikan secara cepat, meski harus beruntun dalam waktu dekat, agar berita tak putus. Tetapi sebagian lagi memilih penyajian berita secara utuh dan kronologik. Dan masih banyak lagi hal menarik dari dunia jurnalistik dan media massa.

“Tetapi yang jelas para jurnalis telah melakukan banyak hal kepada masyarakat dalam konteks edukasi publik. Dan saya sangat mengapresiasi semua yang telah dilakukan oleh kawan-kawan jurnalis, khususnya yang berada di Kota Tegal. Semoga dengan penyelengga-raan pameran media massa dapat menambah semangat kawan-kawan untuk lebih giat lagi memberikan edukasi kepada masyarakat luas melalui media massa,” tutur Walikota.

Walikota juga mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada insan media, kampus, sekolah, stasiun radio, dan organisasi radio amatir yang turut berpartisipasi pada kegiatan ini. Semoga kerjasama ini tidak terhenti sampai di sini, tetapi bisa berkelanjutan pada kesempatan lain.

Pembukaan Pameran ditandai dengan pembukaan tirai pintu masuk lokasi pameran oleh Walikota dan disaksikan oleh Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha, SH, MH, Asisten I Drs. Imam Badarudin, Asisten II Herlien Tedjo Oetami, Kepala SKPD di Lingkungan Pemkot Tegal, insan pers, pelajar dan mahasiswa yang hadir.

Dalam pameran media massa tersebut dipamerkan berbagai literasi jurnalistik seperti yang terbit puluhan tahun lalu dan saat ini kebanyakan sudah tidak terbit lagi. Seperti Oktadika, Tegal Post, Tegal Tegal, Seputar Tegal, Lembaran Tali, Kabar Nusantara, Tempo, Radar Tegal, Suara Merdeka dan lain-lain. Bahkan ditampilkan proyektor layar tancap serta radio dari Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Tegal.

Berbagai program dari stand pameran juga dihadirkan untuk menarik pengunjung. Antara lain Radar Tegal yang menggelar Lomba Selfie berhadiah menarik dan Suara Merdeka yang melayani gambar karikatur oleh kartunis Suara Merdeka Group asli Talang Kabupaten Tegal, Ibnu Tholhah yang berprestasi di tingkat internasional. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.