Digital Media Online

Walikota Terus Galakkan PSN

0

IMG_1190

INFOPANTURA.COM-TEGAL – Tindakan nyata untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) terus dilakukan orang nomor satu di Kota Tegal itu. Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno terus menggalakkan dan langsung turun tangan melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Kelurahan Slerok Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, Rabu (02/03) pagi.

PSN dalam rangka Bhakti Sosial Pencegahan Penyakit Demam Berdarah di Kelurahan Slerok dilaksanakan bersama Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha, SH, MH, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Abdal Hakim Tohari, Sp. RM. MMR, Camat, Lurah, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI), kader PSN dan warga Kelurahan Slerok.

Dalam kegiatan tersebut, Walikota menyebut Pemkot Tegal melaksanakan kegiatan penyuluhan dan bhakti sosial pencegahan penyakit demam berdarah yang dilaksanakan oleh IDI dan IIDI. Kegiatan tersebut dilatarbelakangi tingkat resiko masyarakat terkena penyakit DBD di musim hujan ini sangat tinggi.

“Ini kegiatan yang sangat baik, semua kader terlibat, dan hari ini semua dokter turun memberikan penyuluhan kepada warga khususnya tentang DBD. Ada kegiatan juga bhakti sosial dan donor darah  dan secara simbolis diserahkan peralatan dan perangkat guna memberikankesadaran kepada warga bagaimana  kita menjaga lingkungan khususnya berantas nyamuk lewat PSN,” ungkap Walikota.

Diakui Walikota, ada peningkatan warga yang terjangkit DBD. “Kegiatan ini kita mencegah dengangerakan bersama-sama para dokter dan wargabersama-sama memberikan kesadaran bagaimanamenjaga lingkungan dan mencegah tumbuh kembang bibit penyakit. Selalu berperilaku hidup sehat dan laksanakan gerakan 3M plus,” himbau Walikota.

Walikota menyambut baik kegiatan tersebut dan mengharapkan kegiatan dalam rangka pencegahan penyakit DBD agar dilaksanakan bukan hanya seremonial dan insidentil saja. Tetapi agar dilaksanakan secara berkesinambungan agar berdampak pada mutu kesehatan masyarakat Kota Tegal.

Selain hidup bersih, warga juga dihimbau untuk memelihara lingkungan sekitar rumah. Apalagi Pemkot Tegal tahun ini mentargetkan penghargaan Adipura dapat diperoleh. “Bersih dan sehat warga dan lingkungan karena tahun ini ada yang harus kita capai yaitu penghargaan Adipura,” tutur Walikota bersemangat.

Abdal Hakim mengatakan sesuai himbaun Walikota untuk terus waspada terhadap penyakit menular termasuk DBD. Seluruh kelompok masyuarakat termasuk didalamnya IDI dan IIDI untuk berperan aktif dalam pencegahan DBD. “Dalam musim hujan range DBD meningkat karena KotaTegal merupakan endemis DBD,” ungkap Abdal Hakim. Abdal Hakim menyebut dokter yang terlibat dalam bhakti sosial dan penyuluhan sebanyak 185 orang.

Semua dokter yang terlibat diterjunkan bersama melihat kondisi masyarakat yang sebenarnya agar mendorong agar supaya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. “Kami mengharapkan semua yang terlibat meninjau lokasi pemukiman masyarakat sekitar dan pahami bagaimanan penyakit yang harus diatasi bersama.

Selain melaksanakan PSN, para anggota IDI dan IIDI jugamelaksanakan donor darah di Paviliun Dewandaru RSUD Kardinah.

Dalam kesempatan itu, Walikota menyerahkan secara simbolis 100 paket peralatan kebersihan kepada warga RW 02 dan RW 03 Kelurahan Slerok. IDI dan IIDI pun melaksanakan penyuluhan mengenai pencegahan penyakit DBD yang dilaksanakan oleh dokter spesialis anak,  R. Setiyadi. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.