Digital Media Online

Puluhan SMP/MTs Adu Prestasi Ajang GSAM VIII

0

juara gsam

INFOPANTURA.COM -SLAWI – Sebanyak 36 pangkalan Gugusdepan (Gudep) SMP/MTs se Wilayah Pekalongan beradu prestasi dalam ajang Ganas Scout Achievement Meeting (GSAM) ke – 8 tahun 2016. Perhelatan tahunan yang digelar dalam rangka HUT Ambalan Gajahmada dan Nyi Ageng Serang Gudep Pangkalan SMA Negeri 1 Slawi itu, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah selaku Ketua Harian Mabicab, Minggu (20/3/2016).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah menyampaikan apresiasi yang tinggi atas digelarnya Ganas Scout Achievement Meeting (GSAM) oleh Pramuka SMA 1 Slawi. Menurutnya, GSAM merupakan kegiatan yang baik dan strategis karena merupakan upaya untuk membina dan mengembangkan persaudaraan, persatuan dan kesatuan  serta sebagai ajang pencapaian prestasi dikalangan Pramuka Penggalang se Wilayah Pekalongan.

“Ditengah ditemukannya banyak masalah sosial dikalangan kaum muda pada saat ini, seperti kenakalan remaja, penggunaan obat terlarang, hubungan seks diluar nikah serta perkelahian remaja, diakui bahwa peranan gerakan pramuka sebagai wadah pembentuk prilaku sosial kaum muda yang positif, dan sunggu sangat menentukan,” Ujar Umi

Menurut Umi, dengan aktif mengikuti kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan secara menarik, menantang, edukatif dan rekreatif, kaum muda Indonesia bukan saja dapat terhindar dari berbagai masalah sosial, tetapi terpenting lagi dapat berperan aktif dalam turut mencegah tersebarluasnya berbagai masalah sosial kaum muda tersebut.

“Sangai diakui peranan Gerakan Pramuka sebagai pembentuk kader bangsa yang tangguh, sungguh sangat menentukan. Melalui kegiatan kepramukaan yang inti pokoknya menanamkan nilai-nilai kewajiban terhadap Sang Pencipta, terhadap Negara, terhadap sesama dan terhadap diri sendiri, seperti yang tercantum dalam Trisatya dan Dasa Darma, akan dapat dibentuk kaum muda dengan watak, kepribadian, dan pekerti yang andal sebagai kader penerus bangsa masa depan,” tandasnya.

Sementara Kepala SMA Negeri 1 Slawi, Drs Mimik Supriyatin MM melalui Pembina Pramuka, Nenny Dwi Agustin SH menjelaskan kegiatan GSAM bertujuan untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan meningkatkan persatuan serta kesatuan dikalangan pramuka penggalang dalam kegiatan prestasi. Selain itu juga sebagai ajang pencapaian prestasi bagi para anggota pramuka penggalang se Wilayah Pekalongan.

“Ajang ini juga menjadi sarana pengembangan diri dalam bina satuan bagi Pramuka Penegak SMA Negeri 1 Slawi. Sekaligus dalam rangka memperingati HUT Ambalan,” katanya didampingi Bayu Khoerul.

Dikatakan, beragam kegiatan prestasi dilombakan dalam GSAM ke – 8 yaitu Ganas Scout Rally (penjelajahan), Ganas Smart Competition (Rangking satu), Ganas Pionering Competition (Pionering), Ganas March Competition (PBB kreasi), Ganas Poster Competition (melukis poster) dan Ganas Oration Competition (presentasi tanpa naskah) dan. “Kegiatan mengambil tema “pramuka beraksi dan berkarya untuk dunia” dan jumlah peserta 70 regu penggalang dari 36 SMP/MTs se wilayah Pekalongan,” bebernya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.