Digital Media Online

KPID Jawa Tengah Gelar Literasi Media di Pemalang

0
kegiatan Literasi Media oleh KPID Jawa Tengah di kabupaten Pemalang
kegiatan Literasi Media oleh KPID Jawa Tengah di kabupaten Pemalang

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Kerjasama dengan Bagian Humas Setda kabupaten Pemalang, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah menggelar kegiatan Literasi Media, di Pendopo Sasana Krida kabupaten Pemalang, Kamis (24/3/2016).

Selain untuk meningkatkan pengetahuan, kegiatan yang diikuti oleh pelajar SLTP, SLTA dan Universitas, serta Ormas dan beberapa perwakilan dari media massa baik cetak, elektronik maupun online, juga bertujuan untuk lebih memperjelas bagaimana fungsi media dalam masyarakat serta relevansinya terhadap persoalan ekonomi, sosial, politik maupun budaya.

Dalam sambutanya, Kabag Humas Setda kabupaten Pemalang Drs. Nugroho Budhi Raharjo, MM. menyambut baik kegiatan tersebut sebagai pembuka wawasan mengenai peran dan fungsi media dalam masyarakat.

Sedangkan, pemateri Atmo Tan Sidik dalam paparan berjudul “mencari format tontonan yang memberi tuntunan untuk menghadapi tantangan zaman” menyampaikan, masyarakat harus cerdas bahwasanya dibalik kepentingan siaran media massa yang penuh dengan berbagai kepentingan.

“Siaran media dibuat bukan sekedar untuk menciptakan informasi dan hiburan semata, melainkan penuh dengan berbagai kepentingan,” paparnya.

Sementara, Subur Putra sebagai pemateri kedua lebih cenderung menerangkan tentang peran Komisi Penyiaran Indonesia dalam mengontrol dan mengarahkan penayangan berita, hiburan maupun informasi lainnya ke masyarakat.

Dalam kaitanya untuk menjadikan media lebih bermanfaat bagi masyarakat, KPID Jawa Tengah membuka kanal informasi untuk menampung keluhan, aduan maupun kritik masyarakat atas pemberitaan maupun tanyangan media melalui sms center dinomer 0813 260 26000 dan email di kpidjateng@yahoo.com. (benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.