Digital Media Online

Istighozah untuk Memuji Syukur Masjid Kebanggaan Kota Tegal

0

WALKOT ISTIGHOZAHINFOPANTURA.COM – TEGAL – Usai diserahterimakan dari pihak pelaksana pembangunan kepada Yayasan Masjid Agung Kota Tegal pada jumat (04/03), Yayasan Masjid Agung Kota Tegal melaksanakan istighozah dalam rangka tasyakuran atas telah selesainya pembangunan kembali Masjid Agung.

Istighozah dilaksanakan pada jumat (11/03) sejak pukul 06.00 wib pagi dipimpin oleh KH Muarif Afandi, Ustad Afif Nawawi, SPdi dan Ustad KH Nur Sidiq. Hadir Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno, Wakil Walikota Tegal Drs. HM. Nursholeh, MMPd, Plt. Sekda Kota Tegal Dah Kemala Sintha, SH, MH, Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Ketua dan Pengurus Yayasan Masjid Agung tegal serta jamaah majelis dan  manaqib Nurul Hidayah Masjid Agung Tegal.

“Istighozah ini dalam rangka tasyakuran selesainya rehabilitasi Masjid Agung Kota Tegal. Alhamdulillah kita yang datang di Masjid Agung yang telah direnovasi berkat kerjasama Pemkot Tegal dan pengurus serta masyarakat sehingga dapat terwujud. Kegiatan ini dalam rangka muji syukur Alhamdulillah masjid kebanggaan kita telah selesai dan sudah diserahterimakan kunci dari pelaksana kepada pengurus. Alhamdulillah semuanya selamat,” ungkap Ustad Nur Sidiq.

Diharapkannya, doa istighozah sebagai sarana memohon kepada Allah SWT agar menjadikan Masjid Agung Kota Tegal sebagai central syiar agama dan pemecah segala masalah yang ada di Kota Tegal.ngga, karena sebuah pekerjaan besar telah selesai, yakni renovasi Masjid Agung Tegal. Hal tersebut tentu berkat kerja keras segenap pengurus dan seluruh panitia pembangunan, yang telah mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran  demi terselesaikannya pekerjaan renovasi ini.

Meski dalam proses pengerjaannya sempat mengalami perpanjangan waktu, tetapi Walikota percaya panitia pembangunan telah mempertimbangkan segala aspek secara matang. Agar bisa mencapai hasil yang maksimal. “Dan syukur Alhamdulillah semua bisa terselesaikan dengan baik,” ungkap Walikota.

Oleh karena itu, Walikota pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap pengurus Masjid Agung Tegal. “Semoga semua yang telah diberikan kepada masjid ini tercatat sebagai amal ibadah, dan akan mendapat balasan berlipat dari Allah SWT,” harap Walikota.

Masjid Agung disebutkan Walikota merupakan Masjid kebanggaan masyarakat Kota Tegal. Kemegahan bangunan Masjid Agung pasca renovasi semakin menguatkan kecintaan masyarakat terhadap rumah Allah ini. Hal tersebut dapat dilihat  dari respon masyarakat yang kerap mengunggah gambar Masjid Agung pada media sosial. “Tentu hal ini menjadi catatan positif. Semoga peningkatan kecintaan terhadap rumah Allah ini berbanding lurus dengan peningkatan keimanan dan ketaqwaan masyarakat Kota Tegal,” sebut Walikota.

Dengan kondisi fisik yang baru, Masjid Agung diharapkan dapat semakin mengokohkan dirinya sebagai pusat peribadatan dan rujukan bagi masjid dan musholla yang ada di Kota Tegal dan sekitarnya, terutama dalam hal masuknya waktu sholat, sebagaimana selama ini berlangsung.
“Terakhir saya mengingatkan, dikarenakan Masjid Agung terletak di pusat kota, maka ia sering menjadi tempat persinggahan kaum muslim dari manapun. Bahkan tak jarang datang rombongan di waktu yang tidak lazim. Misalkan mereka datang pada waktu larut malam atau dini hari. Oleh karenanya saya minta ada area tertentu yang dibiarkan terbuka dan tidak semuanya ditutup. Sehingga masyarakat tetap bisa menunaikan sholat di masjid agung, meski ruang utama telah ditutup,” pinta Walikota.

“Marilah kita bergerak bersama untuk memakmurkan masjid. Karena dengan memakmurkan masjid, berarti kita telah membangun istana untuk diri kita kelak di alam akhirat,” ajak Walikota.
Sementara KH Muarif Afandi dalam tauziahnya mengajak untuk menggunakan Masjid Agung untuk berbagai kegiatan keagamaan dan ibadah. Seperti untuk sholat jamaah, pengajian, itiqaf dan yang terpenting kegiatan untuk ibadah.

“Semua yng berpartisipasi membangun masjid semoga dibangunkan rumah di surga. Jika masih ada orang yang berdzikir maka Insyaallah, Allah tidak akan menimpakan musibah kepada Kota Tegal,” sebut Muarif. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.