Digital Media Online

Hari Jadi, Kota Tegal Kembali Gelar IIR dan Criterium

0

hut kota tegal

INFOPANTURA.COM-TEGAL-Memperebutkan Thropy Walikota Tegal
TEGAL – Untuk ikut meramaikan Hari Jadi Kota Tegal, kembali digelar Criterium dan Individual Road Racing (IRR) Tahun 2016 . Gelaran tahunan kelima ini diprakasai Pengurus Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kota Tegal dibawah naungan KONI Kota Tegal.

Lomba balap sepeda yang memperebutkan Thropy Walikota Tegal ini akan dilaksanakan pada Sabtu (23/04) dan Minggu (24/04) di Sirkuit Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Tegalsari Tegal Barat Kota Tegal untuk ajang Criterium. Sementara IRR akan mengambil start di depan Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Kota Tegal dan finish di Guci Kabupaten Tegal, dengan track tanjakan grade 10-25 persen.

“Di tahun ini ada penambahan nomer yang diperlombakan. Yakni MTB atau cross country dimana tahun kemarin tidak diperlombakan,” ungkap Ketua  ISSI Kota Tegal Agus Widjanarko usai beraudiensi dengan Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno bersama Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Sirilius Arif Susbintoro, SE di Ruang Audiensi Kantor Walikota Tegal, Kamis (24/03).

Sehingga, tambah Agus, dari 24 nomor yang diperlombakan di ajang ini, ada 14 nomor di kelas criterium dan 10 nomor di kelas IRR. Namun, dalam nomor MTB ini digelar di sekitar Jalingkut dan belum menggunakan sirkuit di Kawasan Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal. “MTB nanti tetap dilokasi yang sama. Untuk di PAI belum bisa dilakukan. Hasil survey kesana belum dimungkinkan dilaksanakan selain sirkuit belum siap, belum ada akses masuk lokasi,” jelas Agus.

Agus menyebut gelaran rutin ini sebagai upaya ISSI Kota Tegal dalam rangka membina para atlet sepeda sport. “Harus ada sarana untuk mengukur kemampuan yakni melalui even, disamping itu kita ingin Tegal selalu menjadi acuan penyelenggaraan even kejuaraan oleh daerah lain. Kota Tegal sudah menjadi salah satu acuan karena dipastikan setiap bulan April diselenggarakan criterium dan IRR. Banyak dari para atlet sudah merencanakan untuk tampil. Salah satunya atlet dari Malaysia secara rutin ikut berpartisipasi,” tutur Agus.

Perbuahan lainnya yakni lokasi start IIR dibandingkan tahun kemarin. “Untuk IRR start dari depan LANAL Tegal dan finish di Guci. Ada thropy Komandan Lanal dan ada dukungan penginapan tamu dan juri diback up dari LANAL. Peserta juga di berikan penginapan oleh mereka,” ungkap Agus yang menyebut lokasi IRR tahun lalu di Alun-alun Kota Tegal.

Agus mengharapkan target 300 peserta dapat dipenuhi sehingga jika ditotal peserta, anggota keluarga dan sporter para atlet sekitar 1.000 orang yang datang ke Kota Tegal.

Walikota yang didampingi Kepala Bagian Humas dan Prokol Setda Kota Tegal Drs. Hendiati Bintang Takarini, MM mendukung penuh gelaran ini. Direncanakan Walikota secara langsung akan menyerahkan thropy kepada para juara. Selain itu, Walikota mengharapkan dengan even Criterium dan IRR di tahun kelima dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Tegal dapat mengundang atlet dari berbagai penjuru Indonesia untuk  berpartisipasi.

Untuk itu, Walikota meminta panitia agar mempersiapkan even ini sebaik-baiknya. Sehingga dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan dan berkesan bagi para atlet, keluarga maupun para sporter. “Sehingga diharapkan tingkat kunjungan ke Kota Tegal meningkat. Tentu selain ikut bertanding, mereka akan berwisata kuliner di Kota Tegal,” ungkap Walikota. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.