Digital Media Online

Ekspresikan Relawan Pendidikan Melalui Drama

0
walkot tegal 20maret
INFOPANTURA.COM-TEGAL – Salah satu cara mengepresikan kegiatan Relawan Pendidikan Kota Tegal yang diklaim satu-satunya di Indonesia melalui drama yang ditampilkan relawan pendidikan bersama pelajar Kelurahan Kraton. Dihadapan Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno, relawan pendidikan menceritakan mengenai tugas mereka mengawasi para pelajar di lingkungan untuk belajar usai waktu Maghrib pukul 18.00  WIB hingga 21.00 WIB.

Dengan adanya relawan pendidikan yang telah memasuki umur 3 tahun, Ketua Relawan Pendidikan Kota Tegal Riyadi KS menyatakan relawan pendidikan tetap komitmen mengawal pendidikan di lingkungan.

“Karena ini murni social, murni bakti sosial dari masyarakat terbawah untuk membangun sumber daya manusia lebih baik lagi. Mudah-mudahan di Kota Tegal kian bertambah relawan pendidikan yang berdiri  untuk membantu pemerintah Kota Tegal mencerdaskan kehidupan bangsa,” ungkap Riyadi KS saat Refleksi Tiga Tahun Relawan Pendidikan Kota Tegal di Pendopo Kecamatan Tegal Barat, Minggu (20/03).

Dengan adanya relawan pendidikan, Riyadi KS yang juga Wartawan salah satu harian itu, menyebut adanya perubahan yang signig=fikan terhadap perkembangan pendidikan para pelajar di Lingkungan Kelurahan Kraton. Terbukti kesadaran anak-anak untuk belajar kini telah mencapai 95 persen dibandingkan sebelumnya yang hanya 45 persen. “Sementara keasadaran orang tua untuk meminta anaknya belajar sudah 100 persen,” sebut Riyadi.

Sedangkan nilai anak-anak meningkat baik anak SD, SMP dan SMA, terlebih kualitas akademisnya meningkat dan sudah ada yang lulus dengan baik. “Saya berharap kepada Walikota untuk mendorong relawan pendidikan agar bisa terarah dan bisa bermakna bagi Kota Tegal. Insyallah Kota Tegal akan memiliki warga yang cerdas dan berwawasan,” harapan Riyadi.

Walikota Tegal dalam kesempatan itu berdialog dengan Anggun, salah seorang siswa yang ikut drama Relawan Pendidikan. Dalam dialog itu, Anggun menyatakan keasadaran dirinya untuk belajar di jam belajar sudah tinggi. Saat ini tanpa diminta orang tua maupun diawasi relawan pendidikan, Anggun telah berupaya belajar sendiri.

Walikota menyebut Relawan Pendidikan adalah orang-orag yang bekerja dengan hati. Kalau dimasukan MURI pasti masuk MUTRI. Karena relawan Pendidikan baru ada di Kota Tegal khususnya di Kelurahan Kraton. Untuk itu, Walikota minta jajaran RT, RW dan Lurah hingga Kecamatan untuk mendorong kegiatan ini sampai ke Pemerintah Kota.

“Para relawan pendidikan jangan berkecil hati karena menjadi relawan adalah perjuangan. Waktu tenaga dan pikiran untuk sampaikan kepada warga untuk belajar. Apalagi ini ukuran kota dimana kecenderungan untuk acuh. Tp tidak terjadi di Kelurahan Kraton Kota Tegal,” ungkap Walikota atas nama Pemkot tegal memberi apresiasi tinggi terhadap daya dan upaya yang dilakukan oleh relawan pendidikan. Sebab saat ini dengan perkembangan jaman anak lebih suka bermain handphone dan gadget.

Untuk itu, di usia yang memasuki 3 tahun, Walikota meminta relawan pendidikan untuk tetap bertekad dengan niat semula menyisihkan waktu menjadi relawan untuk mencerdaskan anak bangsa. Sebab jika orang lain sebagai pengusaha pedagang saat jam maghrib kerjaannya menghitung pemasukan daripada keliling meminta pelajar untuk belajar.

“Atas nama Pemkot Tegal saya memberi apresiasi tinggi. Selalu semangat untuk tetap sesuai niat. Jangan bergeser dari nawaitunya menjadi relawan. Ini adalah suatu karya besar nanti terlihat ketika anak-anak bisa menjadi pemimpin kelak yang nanti amal dan pahala jariyah dari  Allah adalah balasannya,” sebut Walikota.

Dalam kesempatan itu, Walikota menyerahkan simbolis bantuan alat tulis kepada 100 pelajar di Kelurahan Kraton. Selain itu, Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tegal Joni Marius juga menyumbangkan tas alat tulis. Demikian juga klub mobil Karimun yang datang di acara Refleksi Tiga Tahun Relawan Pendidikan Kota Tegal. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.