Digital Media Online

PKK Desa Sindangheula Juara LCM

0

LCM 3

INFOPANTURA.COM-BREBES-Dengan mengantongi nilai 766 Tim PKK dari Desa Singdangheula Kecamatan Banjarharjo berhasil menjadi juara 1 dalam Lomba Cipta Menu (LCM) beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) tingkat Kecamatan Banjarharjo. Sehingga PKK Sindangheula berhasil mengalahkan 24 tim lainnya dari 25 desa yang ikut lomba dalam rangka hari jadi ke-388 Kabupaten Brebes.

Sementara Juara 2 diraih PKK Desa Dukuhjeruk (731) dan juara 3 PKK desa Karangmaja (727) pada lomba yang digelar di Aula Kecamatan setempat, Jumat (19/2/16).

“Tim PKK Desa Sindangheula telah memenuhi kriteria penilaian terbaik dalam menciptakan menu yang beragam, bergizi, seimbang dan aman yang terdiri dari berbagai bahan non beras dan terdapat di sekitar rumah,” kata Ketua Dewan Yuri Abdul Kholid.

Selain itu, lanjut Kholid, dalam menyajikan cukup rapi. Dalam artian antara bunga-bunga hias sebagai penarik selera makan tidak terlalu banyak. “Yang diutamakan adalah menunya, bukan hiasan bunga yang menyertainya,” terangnya.

Bupati Brebes yang membuka acara tersebut sangat bangga dengan kreatifitas dari para ibu PKK dalam menciptakan menu makanan. Terciptanya menu makanan bukan bermaksud untuk menjadi pedagang makanan. Tetapi dengan makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman akan membawa kesejahteraan dan keharmonisan di dalam keluarga. “Seorang wanita harus pandai-pandainya memasak agar suami dan anak-anak betah makan di rumah dan menjadikan makanan tersebut barokah,” kata Idza.

Kabupaten Brebes yang memiliki daerah gunung, dataran dan lautan mengandung berbagai macam panganan lokal. Dari ikan, jagung, kedelai, umbi, kentang dan lain-lain sangat melimpah ruah. “Kita harus pandai-pandai berinovasi agar menjadi panganan yang modern meskipun bahan bakunya lokal,” ucap Bupati.

Idza juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengembangkan sumber daya lokal. “Saya menghimbau agar kita dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah kita yang masih kosong untuk menanam beberapa jenis tanaman yang bermanfaat, untuk menggantikan beras sebagai makanan pokok,” ajaknya.

Kepala Kantor Ketahan Pangan Kabupaten Brebes Gatot Rudianto melihat, selama ini masyarakat masih menganggap kalau beras merupakan satu-satunya makanan pokok kita. Padahal makanan seperti umbi-umbian, Jagung, Gandum juga mengandung karbohidrat bisa dimanfaatkan sebagai makanan pengganti nasi.

Diakui Gatot, adalah tantangan tersendiri untuk mengubah imej berbahan dasar beras beralih ke aneka ragam jenis pangan bergizi dengan porsi seimbang. Oleh karenanya program menu B2SA diperlukan agar masyarakat dapat mengurangi konsumsi beras dengan beralih mengkonsumsi pangan seperti umbi-umbian atau Jagung.

Camat Banjarharjo Jakaria menjelaskan, Tim PKK Desa Sindangheula nantinya menjadi wakil Banjarharjo dalam event yang sama di tingkat Kabupaten Brebes. “Mudah-mudahan juara lagi,” ucapnya penuh harap. (wasdiun)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.