Digital Media Online

MI Ikhsaniyah dan SD MKK 8 Tergiat

0
Walikota Buka Pesta Siaga
Walikota Buka Pesta Siaga

INFOPANTURA.COM-TEGAL – Barung putra MI Ikhsaniyah dan Barung putri SD MKK 8 menjadi barung tergiat dalam Pesta Siaga Kwarcab Kota tegal Tahun 2016.

Sementara barung putra tergiat II SD MKK 01 dan tergiat III SDN Bandung 03. Sementara untuk barung putri tergiat II MI Ikhsaniyah 2 Kaligangsa  dan tergiat III SDN Randugunting 2.

“Barung tergiat I, II dan III putra dan putri berhak mengikuti kegiatan Pesta Siaga Kwarda 11 Jawa Tengah Korwil Pekalongan pada hari Minggu tanggal 19 Maret 2016 di Kab, Brebes,” ungkap Ketua Panitia Pesta Siaga Kwartir Cabag Kota Tegal Tahun 2016, Solikhin, SPd saat Upacara Pembukaan Pesta Siaga di Halaman Kantor Kecamatan Tegal Barat, Sabtu (27/02).

Pesta Siaga dibuka langsung oleh Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno yang juga sebagai Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Kwartir Kota Tegal dengan prosesi pelepasan balon warna warni bersama seluruh peserta Pesta Siaga.

Dalam sambutannya, Walikota menyatakan kegiatan pesta siaga memiliki banyak manfaat bagi Pramuka Siaga. Dalam kegiatan ini, para pramuka siaga dari setiap kecamatan, bisa saling mengkur dan membandingkan sejauh mana ketrampilan, wawasan dan pengetahuan kepramukaan yang telah dikuasai melalui berbagai lomba.

“Dalam setiap lomba tersebut juga terkandung makna kebersamaan, persaudaraan dan kepemimpinan. Di samping itu, semangat berkerja keras dan saling membantu juga bisa terwujud melalui pesta siaga ini. Dan yang tidak kalah  penting, kelak adik-adik seiaga akan memiliki sifat-sifat kepemimpinan yang bijaksana dan bertanggung jawab,” ungkap Walikota.

Agar tujuan itu dapat tercapai, Walikota meminta peserta pesta siaga mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan sebaik mungkin dan mematuhi semua perintah dan saran dari kakak-kakak pembimbing. “Kerjakan dengan ikhlas semua tugas yang diberikan dan yakinlah bahwa tugas-tugas tersebut akan memberikan manfaat bagi kalian semua dimasa depan kelak,” ungkap Walikota.

Walikota berpesan kepada para peserta pesta siaga untuk menjaga kesehatan masing-masing agar dapat mengikutui seluruh kegiatan yang ada. Ikutilah setiap kegiatan dengan ceria, gembira dan penuih suka cita dan manfaatkanlah kesempayan yang baik ini untuk menambah teman dan sahabat baru, karena pada dasarnya kita semua adalah saudara.

Walikota mengapresiasi kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan Pesta Siaga, sebab pramuka itu merupakan praktek nyata kehidupan yang harus ditanamkan kepada anak-anak sejak dini, sehingga anak bisa mandiri, setia kawan dan ringan tangan dalam menolong sesama. Oleh karena itu alokasikan dan kembangkan kegiatan kepada kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat sekitar tempat acara. Oleh karena itu kegiatan ini harus rutin diselenggarakan agar kita dapat membina generasi muda menjadi generasi yang berkualitas.

Pesta Siaga yang bertema Cerdas dan Berhasaja dan motto Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kecakapan serta menambah pengalaman ungtuk mengembangkan diri di satuan gugus depan dan masyarakat. Agar pembina siaga bertambah pengetahuan dan saling tukar pengalaman untuk bekal membina Gugus Depannya. Sedangkan bagi Pramuka Siaga memberikan bekal agar memiliki ketrampilan meningkatkan rasa persaudaraan dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta berasal utusan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Kota Tegal, masing-masong Kwartir Ranting mengirimkan tiga barung putra dan tiga barung putri juara pesta siaga tingkat ranting dengan jumlah peserta adalah 240 anak pramuka siaga dan 24 orang pembina pendamping.

Juri pesta siaga 2016 terdiri dari unsur pembina gugus depan perutusan kwartir ranting yang sudah bersertifikat minimal KMD, setiap pos kegiatan dipandu oleh tiga orang juri yang berasal dari unsur pembina gugus depan utusan kwartit ranting se-Kota Tegal sejumlah 39 orang.

Kegiatan Para peserta Pesta Siaga mengikuti kegiatan di warung / pos-pos kegiatan yang terdiri 13 warung kegiatan meliput Keagamaan, Tanaman Obat Keluarga, Semangat barung, Cinta Seni dan budaya, Kelengkapan Pakaian Pramuka, Menjodohkan Alat Gamelan, Pengetahuan Umum, Bumbung Kemanusiaan, Tali Temali, Formasi baris-berbaris, Menjepret Gelas Mineral, Memasukan Bola Basket mini, Menjodohkan Lagu Kebangsaan.

Walikota usai membuka Pesta Siaga, berkeliling disetiap tenda yang ditempati masing-masing barung. Disetiap barung Walikota disambut peserta dengan nyanyian selamat datang. “Selamat datang kami ucapakan, terimalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama, ya yaaa ya yaaa,” ucap setiap anggota barung  menyambut kedatangan Walikota ditendanya masing-masing. Usai berdialog dengan masing-masing barung, Walikota menerima ajakan foto bersama masing-masing barung yang mendirikan tenda di sebelah timur Kantor Kecamatan Tegal Barat. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.