Digital Media Online

Dirasa Belum Produktif, Jurnalis Warga Digembleng Lagi

0

jurnalis jatibarang

IMFOPANTURA.COM-Brebes- Bappeda Kabupaten Brebes dan Bapennas bekerja sama dengan Unicef Perwakilan Indonesia mengadakan kegiatan yang bertemakan “ Evaluasi Jurnalis Warga PKH Prestasi Kabupaten Brebes 2016 “. Kegiatan tersebut diikuti 70 peserta jurnalis warg yang bertempat di Plaza Hotel Tegal,Sabtu-Minggu (27-28/2/2016).

Dalam kesempatan tersebut peserta dapat pembekalan kembali seputar materi-materi jurnalistik seperti jurnalisme dasar, teknik wawancara, teknik, reportase, teknik penulisan bahasa, persiapan rapat redaksi, merencanakan liputan, membangun jejaring dan lain sebagainya.

Menurut Kabid Pemsosbud Bappeda Brebes Drs. Khaerul Abidin, MM. yang membuka acara tersebut menyatakan bahwa Brebes sekarang sudah bisa bangga karena telah memiliki jurnalis warga. Hal ini dirinya merasakan ketika berkumpul dengan pemda- pemda lain di Jakarta ternyata mereka sudah ada yang tahu tentang brebes melalui kerja keras jurnalis warga yang di publish melalui beberapa celoteh, Ujar Khaerul .

Sementara Ketua PWI Jateng VII Wahidin Soeja yang mengisi materi tentang jurnalisme dasar memaparkan bahwa tulisan yang baik adalah tulisan yang menarik,yang menggugah perhatian,yang mengandung kedekatan. Sedangkan syarat berita adalah fakta.Fakta bisa peristiwa dan data.Wartawan juga ikut mencerdaskan bangsa.

Adapun materi tentang teknik wawancara di sampaikan mantan redaktur radar tegal menyampaikan bahwa seorang wartawan hendaknya mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan ketika hendak mewawancarai seorang narasumber. Hal ini di kandung maksud agar tidak terjadi blank.” Wartawan itu kalau mau wawancara harus mempersiapkan pertanyaan biar tidak plonga plongo”. Ujar Riza yang juga Ketua KPUD Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi.

Adapun Wartawan Radar Tegal Ismail Fuad mengisi materi tentang teknik refortase yang mana di sampaikan bahwa refortase yang baik adalah refortase yang memiliki aspek sosial yang tinggi.” Refortase yang baik itu harus memiliki dampak sosial yang tinggi”.Urai panjang Ismail.

Tampak hadir dan memandu kegiatan dari awal sampai akhir dalam acara itu adalah Perwakilan Unicef Indonesia untuk Brebes H.Bahrul Ulum, SE.,M.Si, Ketua PWI Kabupaten Brebes Kuntoro Tayubi,S.Ip Wartawan Humas Pemda Brebes Wasdiun,S.Kom. Perlu di ketahui bahwa acara serupa ( Jilid I) telah di lakukan di tempat yang sama pada tanggal 3-4 Oktober 2015. Dan Jurnalis Warga adalah 70 orang perwakilan 35 Desa Intervensi PKH Prestasi di Kabupaten Brebes di 5 Kecamatan.

Sementara salah satu peserta jurnalis warg Saeful Anwar (28) menyampaikan rasa terima kasih karena dirinya menjadi tau dan paham tentang jurnalis yang selam ini dirinya awam”. Ujar Saeful peserta perwakilan Jatibarang.(HM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.