Digital Media Online

Ajak Siswa Cintai Lingkungan dengan Menanam 2000 Bibit di Pantai Blebak

0

kepsek tanam bakau

INFOPANTURA.COM-JEPARA – Dalam rangka Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS dan Penerimaan Anggota Baru (PAB) Ekstrakurikuler Pecinta Alam SMA 1 Mejobo Kudus, menggelar kegiatan yang difokuskan pada pembinaan siswa tentang potensi diri dalam kemampuan untuk memimpin serta  pendekatan siswa terhadap lingkungan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 23-24 Januari 2016 di Area Pantai Blebak, Jepara ini diikuti sekitar 125 siswa. Disamping materi tentang dasar-dasar keorganisasian dan kepemimpinan, peserta juga dikenalkan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan (alam), khususnya kawasan pantai.

‘’Pantai merupakan homogenitas alam yang butuh dijaga kebersihan dan kelestariannya. Terlebih lagi pada sebagian besar pantai saat ini telah berubah menjadi tempat pemukiman warga dan tempat wisata, sehingga perlu mendapat perhatian khusus agar tetap asri dan lestari,’’ ujar kepala sekolah SMA 1 Mejobo, Nur Afifuddin S. Pd M.Pd.

Karena itulah, di tengah pelatihan LDK OSIS dan penerimaan PAB Pecinta Alam, siswa diajakmenanam tak kurang dari 2000 bibit bakau di sepanjang bibir pantai Blebak. ‘’Dalam kegiatan ini kami tidak sendiri, tetapi didukung oleh Djarum Foundation Bhakti Lingkungan untuk pengadaan bibit bakaunya,’’ terangnya.

Dalam penanaman bakau itu, para siswa pun nampak bersemangat. Tajamnya karang serta hujan deras yang mewarnai proses penanaman bakau, tak sedikit pun menyurutkan semangat mereka untuk terus menanam bakau hingga selesai, yang ditandai dengan penancapan plang bertuliskan “Cintai Alam Kita, Rawat Bakau Bersama” di area penanaman.

Arif Hartoyo S.Pd, pembina OSIS, mengutarakan, kegiatan LDK SMA 1 Mejobo tahun ini sengaja digelar berbeda agar lebih berkesan dan bersamaan dengan PAB ekstrakurikuler pecinta alam. ‘’Kegiatan bertajuk every one can be leader ini bertujuan untuk menggali potensi kepemimpinan siswa, yang nantinya diharapkan berguna bagi pengembangan diri siswa baik di sekolah maupun di masyarakat,’’ ungkapnya.

Mbah Lasim, warga di sekitaran Blebak menyambut baik kegiatan sebagaimana dilakukan OSIS SMA 1 Mejobo Kudus dan siswa pecinta alam sekolah tersebut. ‘’Ini sebagai bentuk kepedulian anak-anak tersebut terhadap kelestarian lingkungan. Semoga banyak sekolah lain yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan,’’ katanya. (*)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.