Digital Media Online

Siaga Banjir, PMI Gelar Simulasi

0

IMG_20151217_110049

INFOPANTURA.COM- Tegal-Musim penghujan tiba, bencana banjir pun mengancam sejumlah wilayah termasuk Kota Tegal. Untuk mempersiapkan diri menghadapi bencana banjir Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar simulasi bencana Kamis (17/12) di kawasan Pantai Alam Indah (PAI).

Kepala Markas PMI Kota Tegal Joko Triatmodjo saat ditemui di lokasi mengatakan wilayah Kota Tegal berpotensi mengalami bencana banjir seperti daerah lainnya. Hal ini dikarenakan wilayah tersebut dikelilingi 3 sungai besar diantaranya kali ketiwon, kali kemiri dan kali gung.

” Apabila hal itu sampai terjadi, maka kita sangat membutuhkan sejumlah relawan yang nantinya akan diterjunkan untuk membantu menanggulanginya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita melakukan kegiatan simulasi kepada anggota Korps Sukarela (KSR) dari Akper Pemkot Tegal,” paparnya.

Menurutnya, kegiatan dilakukan sebagai upaya untuk menyiapkan relawan yang nantinya dapat diterjunkan saat dibutuhkan. Sehingga, saat bekerja dilapangan nanti relawan kita sudah siap untuk membantu instansi terkait.

Sebelumnya, sambung Joko, pihaknya memberikan berbagai materi pelatihan diantaranya evakuasi, Pertolongan Pertama, Water and Sanitation (Watsan), Dapur Umum, Assesment, dan Psycological Social Support (PSP) secara teori. ” Sehingga pada kesempatan kali ini kita ingin mengetahui sejauh mana kesiapan para relawan tersebut,” tandasnya.

Joko mengatakan selain untuk menyiapkan kualitas relawan, kegiatan ini juga dilakukan untuk menyiapkan diri membentuk Kampus Siaga Bencana (KSB-) di wilayahnya. Selain itu, pihaknya saat ini juga tengah menyiapkan logistik sehingga pada saatnya nanti sudah siap didistribusikan.

Joko menambahkan kegiatan simulasi saat ini diikuti sekitar 100 orang mahasiswa Akper. Pada kesempatan mendatang pihaknya juga akan melatih KSR di sejumlah perguruan tinggi lainnya. Sehingga relawan yang ada sudah siap untuk membeck up penanggulangan bencana. (Teguh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.