Digital Media Online

Enam Pejabat Eselon II Dilantik

0

IMG_5121

INFOPANTURA.COM-TEGAL – Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno melantik pejabat eselon II di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal dalam Upacara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan dalam Jabatan Struktural di Lingkungan Pemkot Tegal, Rabu (30/12/2015) bertempat di Gedung Adipura Kompleks Balaikota Tegal.

Sesuai dengan Lampiran Surat Keputusan Walikota Tegal Nomor 821.2/097-K/2015 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Struktural di Lingkungan Pemkot Tegal tanggal 30 Desember 2015, menyebutkan enam orang pejabat eselon II yang dilantik antara lain Drs. Imam Badarudin yang sebelumnya menjabat Kepala Bappeda Kota Tegal dan Plt. Asisten Pemerintahan dan Administrasi Sekda, dilantik menjadi Asisten Pemerintahan dan Administrasi Sekda Eselon, Herlien Tedjo Oetami, SH sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dilantik menjadi Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Sekda.

Kemudian Ir. Nur Efendi, MSi sebelumnya Kepala Diskimtaru Kota Tegal dan Plt. Asisten I Sekda dilantik menjadi Kepala Bappeda Kota Tegal, Drs R. Supriyanta sebelumnya Kepala Dinporabudpar dan Plt. Kepala DPPKAD Kota Tegal dilantik menjadi Kepala DPPKAD Kota Tegal.

Sementara dr. Moehammad Hafidz, M.Kes sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan dilantik menjadi Kepala Bapermas Perempuan dan KB dan Drs. Johardi, MM sebelumnya menjadi Kepala Dishubkominfo Kota Tegal dan Plt. Bapermas Perempuan dan KB menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal.

Para pejabat yang diambil sumpah dan dilantik kemudian menandatangani Berita Acara Pengambilam Sumpah Jabatan dan Pelantikan serta Pakta Integritas yang disaksikan para saksi dan undangan.

Selain itu, Walikota juga menunjuk Plt. sesuai Keputusan Walikota Tegal tentang Penunjukkan pejabat Pelaksana Tugas. Pertama SK Nomor 821.2/098-K/2015 tentang penunjukkan drg. Erlina Krisanti, Msi, MKes sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, SK No. 821.2/099-K/2015 Drs. R. Supriyanta sebagai Plt. Kepala Dinporabudpar Kota Tegal, SK Nomor 821.2/100-K/2015 Drs. Johardi, MM Plt. Kepala Dishubkominfo Kota Tegal dan SK  Nomor 821.2/101-K/2015 Ir. Nur Efendy, Msi sebagai Plt. Diskimtaru Kota Tegal.

 

Walikota dalam sambutannya usai mengambil sumpah jabatan dan melantik pejabat eselon II mengatakan mutasi maupun promosi menjadi satu hal yang wajar dan menjadi kebutuhan selama organisasi menghendakinya. Maka dari itu, Walikota menyebut makna pelantikan bukan hanya berarti sebagai formalitas untuk pendistribusian jabatan, melainkan sebagai sarana penguatan organisasi pemerintah, pengembangan dan pemberdayaan potensi diri.

“Telah menjadi komitmen saya bahwa dalam menentukan seseorang untuk menduduki sebuah jabatan, saya akan lebih mengutamakan kemampuan dan kapasitas yang bersangkutan. Disamping tetap memperhatikan persyaratan formal yang mesti harus dipenuhi dengan selalu berpedoman pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Walikota.

Walikota mengatakan senantiasa akan memberikan apresiasi, reward atau penghargaan kepada siapapun yang kapabel terhadap tugas pokoknya, mampu berprestasi secara nyata dan loyal terhadap tugas dan pimpinan.

Sesuai UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aaparatur Sipil Negara mengamanatkan bahwa pengisian jabatan di Lingkungan Instansi pemerintah harus dilaksanakan secara terbuka dan kompetitif, dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan lain-lain. Peningkatan kompetensi aparatur ini merupakan upaya kearah tercapainya sumber daya yang handal dan  profesional. Dalam menjalankan tugas pemerintahan dan aktivitas pembangunan, serta kemampuan pembinaan kemasyarakatan guna mewujudkan masyatakat kota Tegal yang maju dan sejahtera.

Untuk itu, kata Walikota, dalam rangka peningkatan komptensi aparatus di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, melalui BKD Kota Tegal, pada tahun anggaran 2016 yang akan datang, secara bertahap akan dilaksanakan uji kompetensi (tallent Selection) kepada seluruh peejabat struktural pemerintah Kota Tegal, dalam rangka pemetaan kompetensi guna mendapatkan tallent mapping yaitu kader aparatur-aparatur yang siap bekerja dan memenuhi persyaratan menduduki jabatan secara kompetensi dan kualifikasi.

“Menyadari sepenuhnya bahwa tanggung hawab dan beban tugas pemerintah ke depan semakin berat maka kepada para peabat di Lingkungan Pemkot Tegal saya harapkan untuk dapat mengoptimalkan perannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pokok yang telah diamanatkan kepada saudara dengan sebaik-baiknya,” harap Walikota.

Berdasarkan tuntutan kebutuhan masyarakat yang demikian tersebut, maka  Walikota menunjuk para pejabat untuk menduduki jabatan tersebut, benar-benar ditentukan berdasarkan penilaian kompetensi, kemampuan dan prestasi yang dicapai dan juga sesuai dengan rekomendasi yang disampaikan oleh panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama Kota Tegal kepada Walikota Tegal selaku Pejabat Pembina Kepegawaian.

“Untuk itu tanggung jawab yang diberikan ini jangan sampai disia-siakan dan disalahgunakan, apalagi sampai mengecewakan masyarakat dan pimpinan,” pinta Walikota.

Menyinggung mengenai pelantikan dilakukan di akhir tahun, Walikota menyebut salah satu alasannya adalah dengan maksud bahwa agar pelantikan dapat diberikan makna sebagai bentuk evaluasi, intropeksi sekaligus momentum yang baik sebagai langkah awal untuk memulai pelaksanaan tugas yang baru. “Karenanya lakukan perenungan, evaluasi diri dan komitmenkan di dalam hari nurani untuk terus meningkatkan kompetensi, memperbaiki kinerja, dan mengasah intelektual,” kata Walikota.

Walikota pun berpesan dalam rangka kesinambungan pelaksanaan tugas agar menciptakan suasana kerja yang kondusif, efektif, efisien dan produktif agar berbagai permasalahan, dinamika yang dihadapi mendapatkan solusi yang pada akhirnya mampu meningkatkan citra Pemda yaitu good and clean governance di mata publik akan semakin baik. (*

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.