Digital Media Online

Massa Kembali Demo Tuntut Penggunaan Hak Angket

0 101

IMG-20151005-WA0013

INFOPANTURA.COM-Tegal, Setelah melakukan aksi unjuk rasa di Mapolres Tegal Kota Sabtu (3/10) lalu, massa dari Aliansi Kebangkitan Rakyat (AKR) kembali melakukan aksi demo Senin (5/10) siang tadi. Kali ini sasaran mereka adalah gedund dan pimpinan DPRD.

 

Massa menuntut Dewan menggunakan hak angket untuk menyelesaikan persoalan yang ada di Kota Tegal. Pasalnya, jawaban yang disampaikan Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno atas sejumlah pertanyaan dalam interpelasi yang diajukan justru menyinggung perasaan rakyat Kota Tegal terutama DPRD.

 

Subekhi Prawirodijoyo salah seorang pendemo mengatakan secara substantif jawaban Walikota menyimpang dari materi interpelasi yang disampaikan DPRD. ” Jawaban yang disampaikan merupakan bentuk pelecehan nyata terhadap lembaga DPRD yang merupakan representasi dari Rakyat Kota Tegal yang berdaulaat dan menjadi pemilik sah atas daerah otonom Kota Tegal,” paparnya.

 

Selain itu, tafsir yang dugunakan Walikota Tegal terhadap pasal 159 ayat (2) hurud a Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah merupakan tafsir subyektif. Sehingga tidak dapat dibenarkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kemudian terhadap pokok bahasan materi interpelasi semuanya diperlukan penyelidikan lebih lanjut.

 

” Seperti intervensi dari pihak ketiga dalam penyelenggaraan pemerintah yang nyata-nyata dialami oleh banyak ASN, banyak bukti yang tak terbantahkan atas hal tersebut sehingga dapat dijadikan dasar untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut,” tandasnya.

 

Dengan demikian, kata ketua umum HMI Cabang Tegal itu, pihaknya mendesak DPRD untuk menggunakan hak angket guna melakukan penyelidikan atas pelaksanaan kebijakan Pemerintah Daerah. ” Tentunya dengan mengundang pihak-pihak yang dapat memberikan kesaksian dan mengumpulkan bukti-bukti terkait adanya dugaan kebijakan Walikota bertentangan dengan perbagai peraturan perundang-undangan,” pungkasnya. (Teguh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.