Digital Media Online

Walikota Tegal Tindak Tegas PNS Pengguna Narkoba

0

TEST URINEINFOPANTURA.COM – KOTA TEGAL – Untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS), seluruh PNS  Kota Tegal akan ditest urine. Bagi PNS yang terbukti pengguna narkoba, Walikota berjanji akan menindak tegas.

Hal tersebut dikatakan Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno saat Upacara 17-an di Bulan September 2015, Kamis (17/09) di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal.

“Tidak akan ada kata ampun bagi pengguna narkoba. Semua yang terbukti sebagai pengguna narkoba akan ditindak tegas. Karena tanpa tindakan tegas maka akan berpengaruh terhadap kinerja dan pelayanan masyarakat,” tegas Walikota.

Tindakan yang diambil Pemkot Tegal sebagai langkah antisipasi masuknya narkoba ke dalam Lingkungan Pemerintah Kota Tegal. Langkah ini dilakukan dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional BNN Kota Tegal. BNN Kota Tegal sudah menetapkan program utamanya, yakni melakukan test urine bagi seluruh PNS di Lingkungan Pemkot Tegal.

Selain itu, keberadaan BNN Kota Tegal menjadi sesuatu yang mendesak demi menyelamatkan generasi muda. Terlebih tahun 2015 ini pemerintah mencanangkan tahun darurat narkoba. “Tentu hal ini membuktikan bahwa narkotika adalah problem serius yang harus ditangani segera,” ungkap Walikota.

Disebutkan Waliakota keberadaan BNN bertujuan untuk menyelamatkan masa depan bangsa ini dari kehancuran. Karena saat ini narkotika dan zat psikotropika adalah ancaman terbesar bagi generasi muda. Ia tidak hanya menurunkan ketahanan tubuh dan daya kecerdasan otak, tetapi juga bisa membunuh dalam waktu cepat,” ungkap Walikota.

Terpisah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tegal Drs. Irkar Yuswan Apendi, MM mengatakan sangat mendukung kebijakan Walikota Tegal untuk memerintahkan PNS di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal ikuti test urine. Tujuannya untuk mengetahui dan memastikan bahwa PNS di Kota Tegal bebas dari penggunaan narkoba.

“Test urine yang akan dilakukan bukan untuk mencari kesalahan tetapi sebagai PNS yang tugas dan fungsi pokoknya melayani masyarakat, maka diharapkan PNS bebas dari penyalahgunaan narkoba,” ungkap Irkar.

Disebutkan Irkar, test urine bagi PNS sesuai dengan kebijakan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi yang telah menandatangani nota kesepahaman dengan BNN. Nota kesepahaman tersebut menjadi payung hukum pelaksanaan test urine bagi PNS di seluruh Indonesia.

Terkait jumlah PNS di Kota Tegal yang berjumlah 4.621 orang dan diwajibkan seluruhnya mengikuti test urine tanpa kecuali, BNN akan melaksanakannya secara bertahap. Sesuai dengan kemampuan BNN Kota Tegal yang baru dibentuk tahun ini. “Mengingat BNN Kota Tegal baru terbentuk sehingga perlu koordinasi dengan BNN Provinsi Jawa Tengah.” Tutur Irkar.

Kemudian untuk pelaksanaannya test urine akan dilaksanakan secara mendadak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Dimulai secara bertahap dari pimpinan SKPD kemudian staf PNS di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

Dikatakan Irkar, bagi PNS yang terbukti menggunakan, mengkonsumsi dan memakai narkoba, akan ditindak sesuai dengan UU tentang Psikotropika. “Maka PNS akan dikenai sanksi sesuai dengan tingkat kesalahan, mulai dari sanksi administrasi, teguran sampai dengan diberhentikan,” pungkas Irkar. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.