Digital Media Online

Progres Pilkada Pemalang, KPU dan Panwaslu Sudah Bertindak Sesuai Undang-undang

0
Ketua Komisi A DPRD Pemalang Wasisto didampingi Ketua KPU Abdul Hakim dan Ketua Panwaslu Hary Setyawan
Ketua Komisi A DPRD Pemalang Wasisto didampingi Ketua KPU Abdul Hakim dan Ketua Panwaslu Hary Setyawan

 

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Terkait progres tahapan Pilkada di Pemalang, KPU dan Panwaslu sudah bertindak normatif sesuai Undang-undang dan peraturan yang ada. Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi A, Wasisto dalam konferensi pers usai meimpinan rapat bersama KPU, Panwaslu dan Kesbangpolinmas, Jum’at (11/9) di DPRD Pemalang.

 

“Kami menyambut baik apa yang sudah dijelaskan oleh KPU dan Panwaslu terkait progres tahapan pilkada di kabupaten pemalang,” ungkap Wasisto.

 

Kepada masyarakat Pemalang, Wasisto menjelaskan bahwa terpaan isu-isu miring yang bergulir baik di Panwaslu maupun di KPU, sudah terjawab dengan paparan dari kedua belah pihak.

 

“Kesimpulannya, dalam pengambilan putusan gugatan sengketa pilkada, Panwas tidak terbeli. Juga KPU, dalam pelaksanaan putusan sudah sesuai prosedur sesuai UU Pemilu pasal 144 ayat (1) seperti dijelaskan oleh Ketua KPU,” kata Wasisto.

 

Sementara, Ketua Panwaslu Pemalang Hery Setyawan sendiri menjelaskan, terkait putusan dikabulkanya gugatan sengketa pilkada dari pasangan Mukti Agung Wibowo, ST. MSi dan Afiffudin, SE yang dianulir oleh KPU sudah sesuai prosedur undang-undang dan aturan yang berlaku.

 

“Apa yang diisukan selama ini diluar adalah tidak benar. Kita (Panwas) tinggal menunggu KPU melaksanakanya sesuai surat edaran MA,” kata Hery.

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Abdul Hakim mengungkapkan bahwa sampai hari ini, KPU sudah normatif melaksanakan tahapan pilkada terutama terkait dengan proses pencalonan bupati dan wakil bupati berdasarkan Undang-undang dan aturan yang berlaku.

 

“Pasca keputusan KPU tentang penetapan cabup-cawabup pilkada Pemalang dan berdampak adanya gugatan sengketa, kami sudah sesuai Undang-undang. Dan terhadap keputusan yang telah diambil oleh Panwaslu, KPU terus berkordinasi baik dengan KPU Provinsi maupun KPU Pusat,” ungkapnya.

Abdul Hakim menambahkan bahwa rencananya, Sabtu (12/9) besok sekira jam 10:00wib, KPU akan melaksanakan pleno terkait penetapan paslon yang sudah diloloskan oleh Panwas dalam sidang gugatan sengketa Pilkada kemarin. Adapun untuk nomer urut, paslon menyesuaikan yang sudah ada. (benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.