Digital Media Online

Kampanye Peduli Kanker Serviks dan Kanker Payudara Melalui Senam

0

PEDULI KANKERINFOPANTURA.COM – KOTA TEGAL – Dalam rangka hari Olah Raga dan Kampanye Peduli Kanker Serviks dan Kanker Payudara, Keluarga Besar Muhammadiyah Kota Tegal melaksanakan Senam Bersama di Alun-alun Kota Tegal, Minggu (13/9) pagi.

Hadir Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno ikut Senam Bersama dengan ratusan anggota Balai Sakinah Aisyiyah (BSA) dari enam Kelurahan yakni Muarareja, Kejambon, Panggung, Tegalsari, Sumur Panggang dan Margadana dan Klub Jantung Sehat (KJS) Kota Tegal.

“Aisyiyah mengadakan kampanye peduli kanker payudara dan kanker serviks agar kita senantiasa ingat untuk selalu mengingatkan ibu kita, istri kita, anak-anak perempuan kita, kakak dan adik perempuan kita, tetangga dan saudara perempuan kita untuk melakukan deteksi dini kanker payudara dengan SADARI, yaitu Periksa Payudara Sendiri dan deteksi dini kanker serviks dengan Tes IVA atau PAPSMEAR Secara teratur. Insyaallah bila ini dilakukan, angka kematian perempuan Indonesia karena kanker payudara dan kanker serviks bisa ditekan,” ungkap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asiyiyah Kota Tegal Hj. Nur Laela.

Disebutkan Nur Laela,  di Indonesia setiap tahunnya lebih dari 20.000 orang meninggal karena kanker payudara. “Jadi setiap 2-3 orang perempuan Indonesia meninggal karena kanker payudara. Dan setiap jam perempuan Indonesia meninggal karena kanker serviks. Ini sungguh memperihatinkan,” ungkap Nur Laela.

Berdasarkan sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS), jumlah pasien kanker rawat jalan dan rawat inap, terbanyak pada kanker payudara yaitu 28,7 persen dan kanker serviks 12,8 persen.

Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno mengatakan sudah mengikuti jalan sehat HUT ke-70 PMI dan bergabung senam dengan masyarakat di Pendopo Ki Gede Sebayu dan senam  bersama BSA se-Kota Tegal, supaya sehat lahir batin.

Disebutkan Walikota, masyarakat Kota Tegal harus punya kesadaran tentang penyakit yang memang rawan diidap oleh para ibu-ibu dan wanita, yaitu kanker serviks dan kanker payudara.

“Langkah awal yaitu pencegahan, jangan kita datang berobat sudah terjangkit.  Sudah diarahkan oleh ibu Ketua Asiyiyah, Puskesmas di Kota Tegal sudah melaksanakan pelayanan terhadap pemeriksaan dini. Saya ajak ibu-ibu Kota Tegal harus semuanya sehat, cantik, senantiasa menjadi tulang punggung keluarga agar keluarga hiudup sehat. Sehingga kita sama-sama membangun Kota Tegal sebagai agen pembangunan dibidang kesehatan. Mari kita suarakan kita harus hidup sehat,” tutur Walikota.

Usai senam Walikota memberikan hadiah doorprize berupa satu mesin cuci kepada Sumarmi, peserta senam bersama yang paling meriah. Warga Panggung Baru itu gembira ketika secara simbolis Walikota memberikan hadiah satu unit mesin cuci. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.