Digital Media Online

Tak Hanya KPU, Panwas pun Diminta Tegas Dalam Proses Pilkada Pemalang

0

IMG_20150819_134535

INFOPANTURA.COM-Pemalang – Selesai audensi dengan pihak KPUD Pemalang, rombongan yang terdiri dari Puskapik, GRIB, KMP3, GMNI dan AWPI Pemalang melanjutkan agenda audensi dengan PANWASKAB Pemalang dikantor Jl. Pemuda Pemalang, Rabu (19/8/2015).

 

Puskapik yang digawangi langsung oleh Direktur Eksekutif Heru Kundhimiarso yang juga bergabung dalam KMP3 menyampaikan bahwasanya Panwas sebagai salah lembaga penyelenggara pemilukada harus bisa berdiri di rel.

 

“Panwas harus berani menindak tanpa pandang bulu,” ujar Kundhi.

 

Terkait isu dugaan money politik yang terjadi saat pengajuan rekomendasi, Kundhi menanyakan apakah kasus tersebut menjadi ranah kewenangan Panwas atau bukan, karena disinyalir prakteknya masih berjalan meskipun dalam undang-undang sudah jelas dan tegas dilarang.

 

Menjawab pernyataan audiens, pihak Panwas yang diwakili oleh Safrudin menyampaikan bahwa terkait money politik, pihak Panwas mendapat angin segar ketika bintek provinsi.

 

“Terkait kasus money politik yang terkesan susah diatasi dari dulu, pihak kami membuat ksepakatan denga pihak Kejaksaan dan Polri untuk bisa menjerat dengan pasal suap menyuap. Maka, sangat mungkin semua akan terkena jerat, tidak terkait entah itu dengan tim melainkan semua yang terlibat bisa kami jerat,” ungkap Safrudin.

 

Dituntut satu ketegasan bertindak lurus dalam menjalankan aturan, Safrudin menjelaskan, pihak Panwas menerapkan pengawasan partisipatif dengan melibatkan masyarakat.

 

“Melalui bintek dan sosialisasi pengawasan partisipatif, diharapkan masyarakat akan membantu dengan laporan dan bukti konkrit yang bisa ditindak lanjuti, karena kendalanya, ketika kasus diangkat ke Panwas pada umumnya pelaku maupun saksi tidak berani manakala kasus itu akan diproses,” jelas Safrudin.

 

 

Harapan kedepan, Panwas bisa bersinergi dengan baik dalam rangka mensukseskan pilkada pemalang 2015. (benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.