Digital Media Online

Kelurahan Tegalsari Juara Harapan I

0

IMG_20150820_173556

INFOPANTURA.COM – KOTA TEGAL – Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal meraih Juara Harapan I Lomba Kelurahan Tingkat Jawa Tengah. Sebelumnya pada saat penilaian oleh Tim Penilai Lomba Jumat (5/6) Kelurahan Tegalsari masuk nominasi enam besar.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang ditandatangani Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo No. 412/63 tahun 2015.

Sementara lomba ini dimenangkan oleh Kelurahan Pandean Kota Semarang sebagai juara I. Untuk juara 2 Kelurahan Gilingan Surakarta, juara 3 Kelurahan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Sementara dibawah Kota Tegal yang meraih juara harapan 2 adalah Kelurahan Tidar Utara Kabupaten Magelang dan juara harapan 3 Kelurahan Medono, Pekalongan.

Ketua Penggerak PKK Kelurahan Tegalsari Erwin Noevita bersama Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tegalsari Diah Widajanti serta staf Kelurahan Tegalsari Daryanto kepada Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno saat berkantor di Kelurahan Tegalsari, Kamis (20/8) kemarin, menyebut para juara memang memiliki sarana dan prasarana pelayanan yang memadai dan memenuhi standart.

Antara lain pelayanan kepada masyarakat tersedia loket pelayanan. Sementara di Kantor Kelurahan Tegalsari belum mempunyai loket pelayanan. Meskipun administrasi dan prosedur pelayanan sudah bagus, sehingga Tegalsari baru mampu menjadi juara harapan I.  

Walikota mengatakan kekurangan Kelurahan Tegalsari pada sarana dan prasarananya bisa ditindaklanjuti. Terpenting, subtansi pelayanan tidak keluar dari tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing aparat. “Kekurangan pada fisik, tetapi kalau pada standart pelayanan harus memenuhi. Demikian pula dengan administrasi harus bagus,” ungkap Walikota.

Seperti diketahui Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Jateng waktu lalu telah melakukan penilaian lomba desa dan kelurahan di Kelurahan Tegalsari. Dimulai dari seleksi tingkat kecamatan dan kabupaten, penilaian administrasi di tingkat Jateng dan verifikasi data lapangan.

Dari hasil penilaian tim penilai, dari 573 kelurahan yang dinilai, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal berhasil masuk nominasi enam besar tingkat Jateng.

Menurut Raidun, sesuai Permendagri No 13 Tahun 2007 tentang Perlombaan Desa dan Kelurahan, penilaian dilakukan berdasarkan delapan indikator, yakni pendidikan, kesehatan masyarakat,ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat. Selain itu, pemerintahan kelurahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

Lomba tersebut mempunyai maksud untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan di desa oleh pemerintah dan masyarakat yang ada di desa atau kelurahan. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.