Digital Media Online

Dinsos Gelar Razia, 28 PGOT Terjaring

0
teguh
INFOPANTURA.COM-KOTA TEGAL – Dianggap mengganggu masyarakat, Sebanyak 28 Pengemis, Gelandangan dan Orang Terlantar (PGOT) terjaring razia yang dilakukan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Kota Tegal, bekerja sama dengan Sapol PP dan Polres Tegal Kota, Kamis (27/8).

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Bantuan Sosial Dinsosnakertrans Kota Tegal Imam Teguh Sutopo menyampaikan, total yang terjaring razia ada 28 orang, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan, sedangkan jika dilihat dari daerah asal, mereka yang terjaring razia, ada 6 orang yang berasal dari kota Tegal, 5 orang dari Kabupaten Tegal, 2 orang dari kabupaten Brebes, 5 orang dari Kab. Pemalang, 3 orang dari Jawa timur, 1 dari kab Purbalingga, 3 orang dari Banyumas, 1 orang dari Subang, 1 orang dari kab Indramayu dan terjauh 1 orang dari Ogan Komering Ulu Timur,.

Dari jenis Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) terdiri dari pengemis berjumlah 6 orang, Anak jalanan 2 orang, 10 orang gelandangan psikotik, pengamen 1 orang, pemulung 1 orang, kehabisan bekal 2 orang dan 2 orang Tuna Susila.

Imam menyampaikan razia PGOT, pihaknya akan terus melakukan razia secara rutin, untuk memberikan kenyamanan masyarakat.  Terakhir dilakukan bulan Juli kemarin, dalam satu tahun pihaknya melaksanakan 6 kali kegiatan razia untuk PGOT.

pihaknya lebih memfokuskan pada mereka yang terjaring dan usianya tergolong masih muda, untuk diberikan pembekalan pendidikan dan pelatihan, agar setelah dibekali pelatihan keterampilan mereka-mereka tidak lagi kembali kejalan.

sedangkan razia yang dilakukan sekarang, menurut Imam lebih dikhususkan untuk menjaring PGOT, dan bukan orang gila. Dari hasil razia kemudian akan di data, dipilah sesuai kreteria, bagi mereka yang memenuhi yang syarat akan dikirim ke Balai Rehabilitasi Sosial Samekto Karti Comal. Dan bagi mereka yang terjaring dan  berasal dari kota Tegal apalagi masih memiliki keluarga, pihaknya akan mengembalikan ke pihak keluarganya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.