Digital Media Online

Belum Adanya Titik Temu, Jemaat GBI desa Karangasem Pemalang Kebingungan Beribadah

0
atot Karyawanto (Ketua GBI desa Karangasem)
atot Karyawanto (Ketua GBI desa Karangasem)

INFOPANTURA.COM – Pemalang – Belum adanya titik temu dari mediasi antar umat beragama yang digelar pada 30 juli 2015 lalu, membuat jemaat Gereja Baptis Indonesia (GBI) desa Karangasem, Petarukan, Pemalang kebingungan untuk menjalankan ibadah.

“Kami merasa belum ada kepastian terkait jaminan keamanan jika jemaat melakukan ibadahnya dirumah masing-masing,” ujar Gatot saat dikonfirmasi dikediamannya, Minggu (2/8/2015).

Gatot Karyawanto selaku pimpinan GBI desa Karangasem menjelaskan, tugas yang dilakukannya adalah pembinaa. Dia juga menegaskan bahwa bangunan digunakan sudah dari tahun 1988 silam dan sudah ada jemaat.

“Kami sangat heran, dari puluhan tahun silam sejak saya mulai berada di Karangasem, tidak terjadi apa-apa bahkan berjalan secara damai dan saling menghargai antar sesame. Tetapi, begitu tahun 2004 muncul permasalahan hingga sekarang, dan terus terang kami kecewa dengan hasil pertemuan kemaren, karena tidak memperbolehkan lagi melakukan ibadah dirumah ini,” keluh Gatot.

Gatot menyayangkan, mediasi yang semestinya menemukan titik terang terkait Surat Bupati pemalang Tahun 2004, justru membuat kebingungan jemaat.

“Secara otomatis, selaku ketua saya harus menenangkan para jemaat, agar selalu berdoa memohon kepada Tuhan dirumah masing-masing sambil menunggu hasil nya. Saya yakin, pemerintah akan lebih bijak dalam hal ini, karena ada jaminan yang termaktub dalam UUD 1945. Untuk itu saya pasrahkan kepada pemerintah,” imbuh Gatot.

Senada dengan pernyataan Gatot, Suwarno salah satu jemaat menuturkan, baru kali ini melihat pertikaian antar sesame.

“Kita hidup di Negara yang demokrasi. Cara ibadah kami umat Kristen harus berjamaah. Saya pribadi hanya bisa berdoa dan menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah. Kami hanya memohon, agar bisa melakukan ibadah lagi dengan penuh kedamaian seperti sebelumnya,” tukas Suwarno. *TB(benx)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.