Digital Media Online

Sambut Lebaran, SBH Jatinegara Siapkan Rest Area Pemudik

0
Keluarga besar Saka Bakti Husada Jatinegara menggelar Buka Puasa Bersama sekaligus koordinasi penyiapan menyambut lebaran 2015
Keluarga besar Saka Bakti Husada Jatinegara menggelar Buka Puasa Bersama sekaligus koordinasi penyiapan menyambut lebaran 2015

INFOPANTURA.COM – JATINEGARA – Menyongsong arus mudik lebaran 2015, Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) binaan Puskesmas Jatinegara akan menyiapkan menyiapkan rest area bagi para pemudik yang melintas di jalur alternatif Jatinegara. Hal itu disampaikannnya Kepala Puskesmas Jatinegara selaku Mabisaka Bakti Husada, H A Kiswadi saat acara buka puasa bersama keluarga besar Pramuka Saka Bakti Husada di Aula Puskesmas setempat, Sabtu (27/6/2015).

 

Menurut Kiswadi, pihaknya bekerjasama dengan Kwarran setempat akan membuka rest area bagi pemudik yang akan ditempatkan di pelataran Puskesmas setempat. Rest area akan menyediakan beberapa fasilitas diantara tempat peristirahatan, pelayanan kesehatan dan lainnya.

 

“Kepada semua jajaran Puskesmas, Saka Bakti Husada, Kwarran  dan masyarakat untuk mendukung kelancaran pelaksanaan arus mudik. Insya kita akan menyiapkan rest area untuk membantu pemudik lebaran,” katanya.

 

Dia mengungkapkan, pihaknya akan menyiapkan petugas dan anggota Pramuka SBH  sejumlah 60 personil guna memberikan pelayanan bagi para pemudik yang mampir di rest area SBH Puskesmas Jatinegara. “Rest Area akan dibuka H-7 dan H+7 lebaran selama 24 jam. Sedangkan petugas dari puskesmas dan Pramuka SBH akan dijadwal sesuai dengan shif tugasnya,” ungkapnya.

 

Kiswadi berharap, dengan adanya rest area akan membantu dan memberikan pelayanan bagi masyarakat dalam melakukan mudik lebaran secara nyaman, sehingga dapat menikmati lebaran bersama keluarga.

 

Camat Jatinegara, R Bambang Suliarso BA berpesan agar adik adik Pramuka dalam menjalankan tugasnya guna membantu pengamanan lebaran agar lebih hati-hati terutama untuk menjaga keselamatan pribadi terlebih dahulu.

 

Anggota Mabicab Tegal yang juga sesepuh Saka Bakti Husada, dr H Bimo Bayuadji berharap, rencana pembuatan pos kesehatan mudik dan rest area di wilayah Jatinegara agar  dapat diikuti dan digalakkan ditiap Kwarran. Hal itu untuk memberikan pelayanan kepada pemudik saat lebaran.

 

“Setiap Kwarran hendaknya dapat membuat dan menggalakan Pos Kesehatan Lebaran. Ini sebagai wujud kepedulian Pramuka dalam melayani serta mengantisipasi setiap laka pemudik yang datang dari berbagai daerah,” ungkapnya.

 

Sekretaris Binamuda Kwarcab Tegal, Suharjo S.Pd mengatakan, kegiatan pelayanan kesehatan dan pengamanan lebaran yang rutin dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka merupakan wujud nyata dan kontribusi yang diberikan kepada masyarakat. “Sejatinya kegiatan karya bakti lebaran inilah wujud nyata bakti Pramuka untuk melatih anggota Pramuka agar memiliki jiwa sosial yang tinggi,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Kegiatan buka puasa bersama tersebut digelar dalam rangka silaturahmi untuk membangun kerjasama dan koordinasi lintas sektoral antara Puskesmas, Pramuka SBH, Kwartir Pramuka dan Pemerintah. Hadir Camat Jatinegara, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh  Kabid Yankes, H  Toto Raharjo SKM, Kabid Promkes, Muktar SKM, Sekretaris Binamuda Kwarcab Tegal, Suharjo S.Pd, seluruh tenaga medis dan karyawan Puskesmas Jatinegara serta 60 Anggota Saka Bakti Husada Jatinegara dan Warureja. (Humas/s@n).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.