Digital Media Online

Deklarasi Bersama Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Brebes

0

DEKLARASI DAMAIINFOPANTURA.COM – BREBES –     Brebes, Bertempat di Pendopo Kabupaten Brebes telah dilaksanakan Deklarasi Bersama Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Brebes dan pernyataan sikap anti kekerasan dan peningkatan keamanan serta ketertiban masyarakat pemerintah Kabupaten Brebes bersama MUI, FKUB dan organisasi keagamaan dan tokoh agama, tokoh masyarakat di Kabupaten Brebes.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, Kapolres Brebes AKBP Harryo Sugihartono, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, Ketua FKUB Kab. Brebes KH Ahmad Said Basalamah, Mewakili MUI/PCNU Drs Atoilah MSI, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Khaerudin, Ketua BKSG Brebes Agus Yusak, Muspika Se- Kab. Brebes, perwakilan masing-masing toga dan tomas Kab. Brebes.

Sambutan Mewakili MUI/PCNU Drs Atoilah MSI mengatakan diharapkan dengan kegiatan ini akan membawa maslakhat bagi ketentraman kita semua khususnya Kab. Brebes, didalam diri manusia terdapat beberapa sifat exprensif, progresif dan integratif, yang mana apabila kita menerapkan ketiga sifat tersebut dikalangana umum dengan secara berlebihan akan berdampak ke suatu hal yang negatif, kita sebagai umumat beragama harus memiliki sikap bertoleransi, saling mengahargai, dan menanamkan kebebasan untuk berpendapat.

Sambutan Ketua FKUB Kab. Brebes KH Ahmad Said Basalamah mengatakan dengan adanya berita tentang pembakaran Tolikara Papua kami semua merasa prihatin yang mana hal tersebut merupakan suatu ujian bagi bangsa Indonesia, saya berharap dengan kejadian tersebut agar bisa mengkaji dan menelusuri biang keladinya agar bisa di jtuhi hukuman yang setimpal, mudah-mudahan FKUB Kab. Brebes selalu bisa menjalin kebersamaan, menegakan hal positif dan menumbangkan hal yang negatif demi terwujudnya situasi yang aman dan kondusif.

Sambutan Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra mengatakan menyikapi dengan adanya kejadian Tolikara Papua diharapkan kita semua dapat mengerti apa yang terjadi sesungguhnya, dan memberikan pemahaman yang positif terhadap kalangan masyarakat agar tidak mudah terprofokasi oleh pihak-pihak yang menimpangi/memanfaatkan situasi tersebut, kita menyadari bahwa antar umat beragama terdapat sikap saling toleransi dan menghargai dengan adanya perbedaan- perbedaan antar umat beragama, oleh sebab itu sebagai umat beragama kita harus bisa mengiplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, Mari kita semua dapat menjaga situasi dan kondisi, harapan saya kegiatan ini tidak cukup berhenti disini saja, diharapkan dapat di implementasikan kegiatan yang nyata di kalang masyarakat, salah satunya memberikan pemahaman pemahaman yeng bernilai positif.

Sambutan Kapolres Brebes AKBP Haryo Sugihatono mengatakan Kita semua sudah mengetahui berbagai macam dinamika yang sedang terjadi saat ini, diantaranya konflik yang saat ini terjadi antar umat beragama yang mana hal tersebut di jadikan suatu pemebelajaran/fenomena yang tidak perlu terjadi lagi, Momen ini sangat berguna bagi kita semua, dengan terjadinya konflik beberapa hari yang lalu di Kalangan Nasioanal yang mana harapan saya kita semua dapat mengimplementasikan di kalangan masyarakat sehingga tidak terjadi suatu kesalah fahaman yang dapat mengakibatkan permasalahan yang lebih luas atau perpecahan.

Sambutan Bupati Brebes Hj. Izda Priyanti SE mengatakan Dengan di selenggarakannya Deklarasi bersama ini saya memberikan apresiasi yang sebesar besarnya, dengan apa yang telah kita deklarasikan bersama dan pernyataan sikap anti kekerasan dan peningkatan keamanan serta ketertiban masyarakat  harus kita teruskan di kalangan masyarakat, Adapun kejadian kejadian yang terjadi beberapa waktu yang lalu jangan sampai terulang lagi khususnya di Kab. Brebes. Mari kita bersama sama menjaga kondusifitas demi terwujudnuya Kab. Brebes ini yang aman dan damai.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.