Digital Media Online

Abdi Masyarakat Wajib Jaga Kondusifitas Lingkungan

0

abdi masyarakat-2INFOPANTURA.COM – KOTA TEGAL – Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno mengatakan sebagai abdi masyarakat punya Kewajiban dan tanggung jawab untuk terus pantau, ikuti dan jaga keamanan dan kenyamanan lingkungan.

“Sehingga makna perayaan hari raya ini betul-betul dalam keadaan kondusif,” ungkap Walikota Tegal saat memberi arahan pada Buka Bersama Walikota Tegal dengan Staf Pemerintah Kota Tegal putaran terakhir, Selasa (14/7) petang. Hadir Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha, SH dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal dan PNS dari Dinas Permukiman dan Tata Ruang dan empat kantor kecamatan yakni Tegal Timur, Tegal Barat, Margadana dan Tegal Selatan.

Walikota Tegal dalam sambutannya mengatakan buka bersama tersebut merupakan buka bersama putaran terakhir di ramadhan tahun ini. Dalam kesempatan itu, Walikota mengingatkan kepada para staf PNS di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal sebagai abdi masyarakat, abdi negara dan abdi dari keluarga. Dalam perjalanan karir sebagai abdi masyarakat dan didalam perjalanan kehidupan, tentu saja ada catatan-catatan yang akan menjadi sejarah.

“Yang perlu saya garis bawahi adalah, di bulan suci ramadhan ini adalah bulan yang penuh instropeksi bagi mahluknya, tidak lagi melihat lagiu jabatan dan golongannya. Semoga kita masuk ke dalam golongan kaum yang bersyukur di dalam langkah-langkah hidup kita,” ungkap Walikota.

Walikota juga meminta PNS untuk sabar dalam menjalankan tugasnya karena dibalik kesulitan ada kemudahan dan ada anugerah. “Jadi ini yang selalu kita renungi khususnya di bulan penuh kemuliaan ini. Karena Sebentar lagi terhitung hari kita akan kembali lagi menjadi manusia yang bersih kembali fitrahnya,” tutur Walikota.

Namun usai lebaran, masih ada 11 bulan yang akan dijalani, untuk itu selama itu perlu ditoreh dengan banyak kebaikan atau lebih mementingkan mudaharatan.

abdi masyarakat-1

“Apakah akan disia-siakan untuk sebelah bulan ke depan yang insyaallah kalau ada umur Allah akan mempertemukan kita dengan bulan suci ramadhan berikutnya. Sebelas bulan berikutnya akan kita toreh dengan banyak kebaikan atau lebih kita pentingkan mudaharatan,” terangnya.

Walikota juga menyinggung mengenai sejarah telah mencatat bahwa ada segelintir abdi masyarakat yang sudah berpuluh tahun meniti karir dari jenjang ke jenjang, namun karena telah berada di suatu zona yang nyaman dan berhadapan dengan pemimpin baru yang selalu mengutamakan aturan, memilih untuk berada berbeda jalur.

“Mereka terbawa, terpengaruh dan ikut memprovokasi dan itu menjadi catatan. Namun sekarang di dalam bulan yang penuh mulia ini kalau kita intropkesi kembali apa yang sudah didapat, manfaat atau mudharat. Karena kembali lagi menjadi abdi masyarakat menjadi abdi negara butuh totalitas dan komitmen bukan melihat perorangan, golongan dan kelompok. Dan melihat kita taat aturan, undang-undang Insyaallah kita selamat, kita selalu dorong penuh potensi di Kota Tegal untuk maju, dalam karir dan pekerjaan,” jelas Walikota.

Untuk itu, di sore hari kemarin, Walikota ingin aparat di lingkungan Pemkot menyamakan visi dan misi sehingga menjadi panutan keluarga, catatan sejarah dalam langkah kedepan. Walikota mengingatkan kembali tentang reward dan punishmen bahwa bila penyalahgunaan wewenang, penyalahgunaan tupoksi dan aturan harus dikembalikan untuk ditertibkan.

Sementara Kepala Diskimtaru Kota Tegal Ir. Nur Efendi dalam tausiahnya mengajak PNS untuk senantiasa berpegang teguh pada tali agama Allah, selalu melaksanakan sunah-sunah Rasul, mengikuti wahyu yang diturunkan kepada  Nabi Muhammad SAW, sehingga kita selamat dunia dan akherat. “Mudah-mudahan pertemuan silaturhami ini bermanfaat,” harapnya.

Nur Effendi juga meningatkan kembali kepada petugas kebersihan Diskimtaru mengenai hadist Nabi Muhammad SAW, bahwa kebersihan sebagian dari iman. “Ssaya ingatkan lagi kebersihan sebaian dari iman. Bukan hanya petugas kebersihan tetapi juga kepada lurah dan camat mudah-mudahan bisa menjagak kebersihan lingkungan masing-masing sehingga dapat meningkatkan keimanan kita,” pungkas Nur.

Di akhir acara, Walikota bersalaman dengan para PNS yang menghadiri buka bersama putaran terakhir di Bulan Ramadhan 1436 H ini. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.