Digital Media Online

Ribuan Jamaah Berdoa Bersama di Haul Hadad

0

haul hadadINFOPANTURA.COM – KOTA TEGAL – Ribuan jamaah dari Kota Tegal dan daerah sekitarnya menghadiri rangkaian Haul Habib Muhammad bin Thohir Al-Haddad atau Haul Haddad ke-122. Jamaah mulai melaksanakan doa dan dzikir pada Senin (01/6) malam di ruas Jl Mayjend Soeprapto atau Pasar Sore  hingga tahlil di Makam Hadad pada Selasa (02/6) siang.

Pada Senin Malam, jamaah mengikuti sholat Maghrib dan kemudian membaca tiga kali surat Yasin. Kemudian diteruskan sholat Isya berjamaah yang dilanjutkan makan bersama nasi kebuli. “Usai makan diisi doa dan dzikir serta pengajian oleh Habib Taufiq Zaenal Assegaf dari Jawa Timur,” ungkap Khoiri, salah seorang Panitia Khaul Hadad, Senin (01/6) malam atau bertepatan dengan malam Nisfu Syaban.

Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno turut hadir dan berdoa bersama dengan para jamaah Khaul Hadad pada Senin Malam. Walikota datang sekitar pukul 20.00 WIB dan masuk di rumah khusus untuk jamaah wanita hingga pengajian selesai.

Habib Taufiq dalam ceramahnya menekankan pentingnya hidup dengan hal-hal yang halal. Para jamaah diajak untuk menyingkirkan berbagai hal yang hukumnya haram. Seperti mencari rejeki dan makanan untuk istri dan anak serta keluarga. “Bayangkan saja, kalau kita makan makanan haram, ibadah kita tidak diterima Allah SWT selama 40 hari,” kata Habib Taufiq.

Pada Selasa (2/6) siang, jamaah memadati tempat acara khaul berlangsung dan memanjatkan doa untuk Habib Muhammad bin Thohir Al Haddad di Kompleks Makam Kauman Kelurahan Kraton Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal atau Makam Al Haddad.

“Khaul Hadad merupakan khaul pertama yang dilaksanakan di Indonesia,” ungkap Khoiri. Khaul tersebut untuk mengenang jasa tokoh penting penyebar agama Islam di wilayah pesisir pantura, terutama Tegal dan sekitarnya. Sepanjang hidupnya, waktunya dihabiskan untuk mengenalkan Islam kepada masyarakat setempat hingga akhirnya hayatnya meninggal pada 18 Rajab tahun 1885 M. Habib Muhammad bin Thohir Al Haddad lahir di Kota Geidun, Hadramaut pada tahun 1838 M. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.