Digital Media Online

Walikota Mengajak para Duta Besar Negara Mengunjungi Stand Pameran Kota Tegal

0

walkot di tmiiINFOPANTURA.COM – JAKARTA – Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno mempromosikan Kota Tegal kepada para Duta Besar negara sahabat. Mereka diajak mengunjungi Stand Pameran Produk Unggulan Kota Tegal di Halaman Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Diharapkan Kota Tegal dikenal oleh negara-negara sahabat dan terjalin hubungan erat serta kerjasama di berbagai bidang.

“Sebelum melihat lomba tumpeng, para Duta Besar saya belokkan ke stand Kota Tegal, dan disitu mereka melihat-lihat produk unggulan Kota Tegal. Kita juga membagi buku materi kepada mereka sebagai pegangan sehingga menjadi media promosi dan informasi tentang Kota Tegal. Jadi kita proaktif dan mereka sangat antusias. Semakin banyak kita mempunyai sistercity, sebagai ajang untuk belajar, transfer teknologi dan ilmu. Sehingga kita ada terkaitan,” ungkap Walikota saat Acara Lomba Makanan Khas dan Pameran Produk Unggulan dan Potensi Daerah Jawa Tengah 2015 dan Pentas Duta Seni Kota Surakarta di Anjungan Jawa Tengah TMII, Jakarta, Sabtu (23/5).

Acara selama dua hari, Sabtu (23/5) dan Minggu (24/5) diikuti oleh 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah ini dibuka secara resmi dengan ditandai pemukulan gong oleh Ibu Gubernur Jawa Tengah Siti Atiqoh Ganjar Pranowo, S.TP, MT, MPP yang didampingi oleh Walikota Tegal, para duta besar negara sahabat dan Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Drs. Koesdarminto, MM. Hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Bupati dan Walikota, Kepala SKPD Provinsi Jawa Tengah, Pejabat Managemen TMII dan Pimpinan Anjungan Jawa Tengah dan Paguyuban Jawa Tengah di Jabodetabek.

Saat acara pembukaan berlangsung, Walikota Tegal menggunakan kesempatan yang baik itu untuk berdialog dengan para duta besar dari Kazakhstan, Jerman, Lebanon. Walikota mengenalkan Kota Tegal sebagai salah satu kota di Jawa Tengah, dengan letak yang sangat strategis dan sebagai kota destinasi dengan populasi penduduk 250 ribu jiwa. “Mereka mengatakan Kota Tegal memiliki potensi untuk berkembang dengan baik,” ungkap Walikota.

Di dalam pembicaraan tersebut juga digagas wacana mengenai kerjasama yang bisa dilakukan. Misalnya dari Kedutaan Besar Jerman dengan cepat merespon Kota Tegal yang sedang menjajagi sistercity   dengan Jerman.  “Kota Tegal sudah menjajagi kerja sama dengan Pemerintah Jepang, apalagi di Jerman banyak sekali Kota Pelabuhan.  Kedutaan Jerman langsung merespon akan mengirim email ke saya kota-kota untuk dilakukan penjajagan. Sehingga semakin banyak kita mempunyai sistercity sebagai ajang untuk belajar, transfer teknologi dan ilmu, sehingga kita ada terkaitan,” ungkap Walikota.

Berkaitan dengan kegiatan lomba Lomba Makanan Khas berupa lomba tumpeng sebagai makanan khas Jawa Tengah dan Pameran Produk Unggulan dan Potensi Daerah Jawa Tengah 2015, Walikota mengatakan Kota Tegal selalu mengikuti secara rutin kegiatan tersebut. Dengan catatan, Kota Tegal menampilkan apa yang sekarang menjadi permintaan pasar. Baik mengenai penyajian dan menu makanan yang dilombakan dan berbagai hal yang sedang dicari oleh masyarakat.  Misalnya stand Pameran Produk Kota Tegal diperkenalkan batu akik dari Tegal yang saat ini sedang diangkat oleh Pemerintah Kota Tegal.

“Memang Tegal punya potensinya. Apalagi salah satu Duta Besar dari Lebanon justru yang dipegang tuh batu akiknya, jadi mereka tertarik dan saya saat itu mempromosikan bahwa ini batu dari Tegal dan bukan dari daerah lain,” tutur Walikota.
Sehingga, kata Walikota, ini menjadi suatu inovasi dalam mengikuti pameran. Untuk itu, tahun depan apabila memang ada lagi kegiatan seperti ini Pemkot Tegal akan membuat sesuatu yang baru, walaupun dengan pakem yang ditentukan oleh panitia. “Tetapi kita tetap berinovasi dengan mempersiapkannya secara matang,” pungkas Walikota.  (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.