Digital Media Online

Dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar SMP 2 Adiwerna “Jadikan Siswa Lebih Kreatif”

0
GM Radio Radar CBS Slawi, Imam Teguh memberikan materi pada pelatihan jurnalistik tingkat dasar di SMP 2 Adiwerna.
GM Radio Radar CBS Slawi, Imam Teguh memberikan materi pada pelatihan jurnalistik tingkat dasar di SMP 2 Adiwerna.

INFOPANTURA.COM – SLAWI – Pendidikan  jurnalistik untuk tingkat pelajar semakin di lirik oleh  sekolah  terutama pada tingkat sekolah SMP dan sederajat, untuk menambah ilmu pengetahuan  di luar  pelajaran pokok di masing masing sekolah.

Seperti halnya yang dilakukan UPTD SMP Negeri 2 Adiwerna melalui Pengurus OSIS setempat menggelar Pelatihan Jurnalistik tingkat Dasar yang berlangsung selama 3 hari yakni Jum’at-Minggu (14-16/5) pekan lalu diruang Multimedia.

Dalam pelatihan tersebut, selain diisi oleh guru pembimbing setempat, juga menghadirkan sejumlah narasumber dari luar diantaranya GM Radio Radar CBS Slawi, Imam Teguh dan Humas Pramuka Kwarcab Tegal, Nurhasan.

Menurut Kepala SMP Negeri 2 Adiwerna, Drs Moh. Taufik Hidayat, pelatihan jurnalistik dapat mendorong dan menjadikan siswa lebih kreatif melalui media tulisan. “Kreatifitas itu tumbuh dengan cara menulis semua kejadian yang dirasakan oleh para siswa pada hari itu,” kata Taufik.

Taufik berharap, Pelatihan jurnalistik yang digelar dapat menambah wawasan bagi peserta didiknya, sehingga kedepan mampu berkarya dan menjadi siswa yang berprestasi.
“Karena hanya dengan tulisan dapat merubah hidup menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Salah satu Guru Pembina, Suharjo S.Pd menjelaskan, kegiatan pelatihan Juranilistik tingkat dasar diikuti 42 peserta terdiri dari siswa kelas 7 dan 8. “Setelah mengikuti pelatihan jurnalisik selama tiga hari, dapat di kembangkan di dalam sekolah terutama dalam  membuat berita  melalui media sekolah seperti majalah dinding maupun Majalah sekolah,” paparnya.

Dikatakan, sejumlah materi yang disampaikan antara lain, siswa yang dilatih soal teknik wawancara dasar, cara menulis berita / reales utamanya unsur-unsur 5W + H,  dan sejumlah materi lainnya. “Pelatihan juga diisi denga penugasan kepada siswa untuk membuat contoh berita yang dipandu oleh narasumber,” imbuhnya.

Sementara itu, narasumber dari GM Radio Radar CBS Slawi, Imam Teguh mengungkapkan, untuk membuat sebuah berita yang menarik. Maka penulis harus menentukan judul berita yang menarik pembaca.

Disisi lain, Narasumber lain dari Humas Kwarcab, Nurhasan menjelaskan, sebuah press reales yang menarik yakni berisikan informasi yang berharga, aktual, penulisan sistematis dan menampilkan ide baru yang menarik. (Reales/Hj)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.