Digital Media Online

Status Gunung Slamet Meningkat ke Siaga

0
Petugas dari PVMG tengah memberikan pengarahan kepada penduduk setempat
Petugas dari PVMG tengah memberikan pengarahan kepada penduduk setempat

INFOPANTURA.COM – Slawi – Terhitung mulai Rabu (30/4) kemarin status gunung Slemet telah dinaikan dari waspada menjadi siaga level 3. Oleh karenanya untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan jika gunung tersebut meletus Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) beserta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMPG) setempat gencar melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat.

Salah seorang petugas dari PVMG Sukedi disela-sela kegiatannya Kamis (1/5) pagi tadi mengatakan BNPB telah menetapkan Kawasan Rawan Bencana( KRB ) yang meliputi wilayah Kabupaten Tegal, Banyumas, Brebes, Purbalingga dan banjarnegara. “ Sementara kawasan rawan bencana di wilayah Kabupaten Pemalang meliputi Desa Clekatakan, Siremeng, Batursari, Penakir, Gunungsari, Jurangmangu dan Gambuhan,” katanya.

Sukadi mengungkapkan Gunung Slamet pernah mengalami letusan hebat pada tahun 1949, 1953, dan 1973. Hingga kini sudah sekitar 24 kali gunung Slamet mengalami letusan. Sementara itu, terkait kondisi saat ini Sukadi mengatakan status siaga belum bisa dipastikan kapan akan brakhir. (yusuf)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.