Digital Media Online

Panwas Hentikan Pengusutan Dugaan Pelanggaran Kampanye

0

arb di tegalINFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) akhirnya menghentikan pengusutan dugaan pelanggaran terkait penggunaan mobil dinas dalam penjemputan Ketua Umum Partai Golkar Abu Rizal Bakri (ARB). Panwas menilai laporan dugaan pelanggaran tersebut tidak memenuhi unsur kampanye, sehingga bukan merupakan bentuk pelanggaran.

Ketua Panwaslu Toto pranoto mengatakan sejak menerima laporan dugaan pelanggaran dari Tim Pemantau dari Komisi Penyidikan Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Semarang pada Selasa (25/3) lalu pihaknya terus melakukan pengusutan. Pada Kamis ( 27/3) Panwas meminta keterangan dari pihak pelapor yang kemudian diteruskan pada Jum’at (28/3) dengan meminta keterangan sejumlah saksi dan dari pihak terlapor yakni Partai Golkar.

” Selain itu, kami juga melakukan pemanggilan kepada Panitia Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Tegal, karena kedatangan ARB ada kaitannya dengan pelantikan. Pihak Panitia sendiri baru bisa hadir pada Rabu (2/4) kemarin,” katanya.

Toto mengatakan dalam pemeriksaan, Sekertaris Dewan Toto Subagyo selaku panitia pelantikan mengatakan kedatangan ARB tidak dalam rangka kampanye melainkan untuk menghadiri pelantikan Walikota. Penggunaan mobil dinas juga tidak semata-mata untuk menjemput ARB tetapi juga semua tamu Pemkot termasuk rombongan Gubernur Jawa Tengah.

Berdasarkan keterangan tersebut beserta keterangan lainnya yang sudah terlebih dahulu diperoleh, Panwas kemudian mengajukan ke tingkat Gakumdu untuk di kaji. Dari hasil pembahasan di tingkat Gakumdu, diputuskan tidak dilanjutkan karena tidak memenuhi unsur pelanggaran.[teguh]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.