Digital Media Online

Waspada Gunung Slamet, Gelar Simulasi

0

simulasi pmi

INFOPANTURA.COM – Slawi – Guna antisipasi dampak terjadinya Erupsi Gunung Slamet, Jajaran Dinas terkait termasuk PMI mengikuti Gladi atau Simulasi Terpadu penanganan Erupsi gunung Slamet yang di gelar oleh Kodim 0712 Tegal, Jum’at 14 Maret 2014.

Sebanyak 50 personil PMI dari Unsur Satgana dan Sibat diterjunkan disana untuk mengikuti simulasi.
Ketua Bidang Kesiapsiagaan PMI Kabupaten Tegal, dr Bimo menjelaskan, tujuannya digelarnya simulasi terpadu itu adalah dalam rangka meminimalisir jatuhnya korban yang lebih banyak dan sebagai upaya untuk menyadarkan masyarakat untuk patuh dan tahu tentang peringatan dini serta diharapkan paham jalur evakuasi yang aman dan cepat.
“Selain itu sebagai upaya memberikan kesepahaman kepada pihak terkait akan tugas dan perannya nanti dalam penanganan Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung Slamet,”cetusnya.
Secara teknis dalam praktek simulasi, telah disiapkan  tiga titik  lokasi sebagai tempat pengungsian, yaitu Lapangan Desa Tuwel, Lapangan Desa Suniarsih dan Lapangan Desa Batumirah. Untuk Lapangan Desa Batumirah disiapkan untuk pengungsi dari Dukuh Sawangan Desa Sigedong. Sedang Lapangan Suniarsih diperuntukan pengungsi dari Desa Dukuhtengah dan Kedawung. Sementara untuk Lapangan Desa Tuwel diperuntukan pengungsi dari Desa rembul dan Desa  Guci sekaligus sebagai Posko Induk Tanggap Darurat Bencana erupsi gunung slamet.
Untuk Lokasi Pengungsi atau shelter ditiga tempat telah disiapkan Rumah Sakit Lapangan, Dapur Umum, Pos Informasi dan Barak Pengungsi. Selain itu juga disiapkan armada truk evakuasi, Mobil Ambulan, Truk Watsan dan mobil Penerangan.
“Sementara untuk PMI sendiri bertugas sebagai Tim Evakuasi, Pertolongan Pertama, PSP dan membantu Dapur Umum dan menyiapkan satu ambulan dan satu mobil Satgana. Selain itu juga didukung PMI Provinsi Jawa Tengah dengan mengirimkan satu Tim Ambulan ”imbuhnya.[teguh@infopantura.com]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.