Digital Media Online

Pemkot Janji Penuhi Fasilitas Rusunawa

0
 Walikota Tegal saat memberikan sambutan pada acara peresmian rusunawa
Walikota Tegal saat memberikan sambutan pada acara peresmian rusunawa

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Sebagai proyek percontohan, fasilitas Rusunawa akan dilengkapi, hal ini dikandung maksud agar mayarakat yang tinggal dibantaran sungai akan tertarik untuk tinggal di rusunawa. Demikian dingkapkan Walikota Tegal saat memberikan sambutan pada acara peresmian rusunawa Rabu (12/3) Kraton Kecamatan Tegal Barat.

Walikota Tegal Ikmal Jaya, SE Ak saat memberikan mengatakan, pihaknya berjanji akan melengkapi dan menjadikan rusunawa sebagai percontohan. Sehingga masyarakat lain akan tertarik untuk masuk ke rusunawa.

“Kalau ada yang kurang, Pemkot Tegal akan melengkapi dan menjadikan Rusunawa ini sebagai percontohan atau pilot project . Sehingga masyarakat lain tertarik masuk ke Rusunawa,” katanya

Ikmal menegaskan sasaran Rusunawa adalah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Oleh karena itu, sebaiknya orang yang menempati bantaran sungai dan belum memiliki rumah untuk masuk ke rusunawa.

Sementara itu,  Kepala Diskimtaru Kota Tegal Ir Nur Effndi saat memberikan laporan mengatakan pihaknya mempersilahkan bagi para penghuni yang memiliki usaha untuk melanjutkan usahanya ditempat yang telah ditentukan.

“Silakan yang mau berusaha, sudah banyak yang daftar. Yang dulunya jualan ponggol silakan bisa berjualan kembali. Kita sediakan ruang usaha,” ungkapnya.

Disebutkan Nur Effendi, Rusunawa Kraton yang dibangun tanggal 11 September 2011 lalu itu merupakan hibah dari Direktorat Jenderal Cipta Karya. Pembangunannya dibantu oleh pemerintahan Provinsi Jawa Tengah serta Pemkot Tegal. Dibangun dua twin block diatas tanah seluas 13.080 meter persegi yakni twin blok yaitu blok A dan blok B.

Setiap hunian berukuran 4,5 x 5,4 meter persegi seluas 24 meter persegi dapat dihuni untuk 4-5 orang. Fasilitas yang diperoleh penghuni antara lain ruang tidur, ruang tamu, kamar mandi dan dapur serta tempat jemur. Disediakan juga listrik 900 watt dan air PDAM. Selain itu ada ruang terbuka, halaman tempat parkir untuk sepeda motor dan ruang serba guna dan ruang usaha.

Untuk mengaturnya, lanjut Nur Effendi, Kota Tegal telah mengeluarkan Perda No 1 th 2013 tentang  Pengelolaan Rusunawa yang mengatur aset pengelolaan, penghunian dan pembiayaan. Dimana dalam perda tersebut diatur untuk tarif sewa rusunawa tipe 24 untuk MBR yakni di lantai dasar dan lantai satu Rp. 120 ribu, lantai dua Rp. 110 ribu, lantai 3 Rp. 100 ribu dan lantai 4 Rp. 90 ribu.

Nur Effendi mengungkapkan karena banyak peminatnya, pada tahun 2014 ini akan dibangun dua twin blok di sebelah barat yang telah diajukan oleh Walikota Tegal. “Karena animo masyarakat yang antre sudah banyak sehingga harus segera di bangun satu lagi. Saat ini sudah ada 132 KK yang memenuhi syarat untuk tinggal disini,” jelasnya.  (teguh@infopantura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.