Digital Media Online

WORKSHOP BEDAH SKL UN IPA 2014 “Kesiapan Hadapi Ujian Nasional”

0
WORKSHOP BEDAH SKL UN IPA 2014  “Kesiapan Hadapi Ujian Nasional”
WORKSHOP BEDAH SKL UN IPA 2014
“Kesiapan Hadapi Ujian Nasional”

INFOPANTURA.COM – SLAWI – Dalam rangka untuk persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) IPA Tahun 2014, dengan muara akhir tercapainya angka kelulusan 100% dan nilai kelulusan yang memuaskan, MGMP IPA SMP Kabupaten Tegal menggelar “Bedah SKL UN IPA Tahun Pelajaran 2013/2014”. Kegiatan yang menggandeng PT Penerbit Erlangga digelar, Sabtu (8/2) di SMP Negeri 1 Pagerbarang.

 Ketua MGMP IPA SMP Kab. Tegal, Faizin S.Pd mengatakan Bedah SKL bertujuan untuk membekali para pendidik dalam membedah SKL beserta indikatornya dalam rangka meningkatkan kesiapan menghadapi Ujian Nasional Tahun 2014.

 “Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun yakni menjelang pelaksanaan UN. Dan untuk tahun ini, MPGMP menghadirkan narasumber yang  berkompeten dengan bidang IPA. Dengan harapan mereka bisa berbagai ilmu kepada para guru agar lebih mantap mempersiapkan siswanya dalam memecahkan soal-soal UN,” katanya.

 Faizin melanjutkan, dalam bedah SKL ini, peserta diberikan pengetahuan bagaimana “trik” menjawab soal dengan konsep mudah, cepat, dan paling utama adalah ketepatan. Karena mengerjakan UN tidak hanya berorientasi pada ketepatan semata, melainkan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam pengerjaan harus juga tercapai.

 “Alhamdulillah narasumber yang hadir sesuai dengan permintaan para guru yakni tim penyusun soal UN IPA Biologi dari pusat Bapak Munsif M.Pd dan Bapak Bambang AP M.Pd untuk Mapel IPA Fisika. Trik-trik dalam mengerjakan soal UN yang diperoleh para guru nantinya akan disampaikan ke siswanya,” paparnya

 Faizin yang juga Guru SMP 3 Pangkah menambahkan, kegiatan diikuti oleh seluruh guru IPA dari SMP se – Kabupaten Tegal yakni sebanyak 138 guru. Dan rata-rata adalah guru yang mengajar di kelas IX.

“Besarnya animo guru mengikuti kegiatan ini membuktikan masing-masing sekolah ingin menghasilkan nilai terbaik bagi anak didiknya dalam UN tahun ini. Bahkan ada sekolah yang mengirimkan sampai tiga guru untuk mengikuti acara ini,” Ungkap Faizin.

 Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Tegal, Drs. Edy Pramono yang hadir dalam kesempatan itu mengharapkan, pada pelaksanaan Ujian Nasional nanti tidak terjadi pengkondisian siswa, namun guru harus bekerja lebih keras dan meningkatkan dalam segala hal.

 “Saat UN nanti, jangan sampai siswa dikondisikan. Justru guru harus bekerja keras dalam meningkatkan prestasi siswa,” tegas Edi

 Disisi lain, Konsultan MGMP IPA SMP, Samukri S.Pd MM meminta peserta yang merupakan perwakilan SMP di Kabupaten Tegal dapat menularkan ilmu dan pengalamannya kepada guru lainnya.

 Sementara itu Para Narasumber yakni Munsif M.Pd dan Bambang AP. M.Pd memaparkan satu persatu kisi-kisi soal yang bakal keluar dalam UN nanti dengan gaya bahasa yang sederhana dan diselengi lelucon sehingga mampu menghidupkan suasana bedah SKL ini. Selain itu, narasumber juga mengingatkan guru dengan soal-soal yang harus diwaspadai bakal meragukan siswa menjawabnya.

“Bapak Ibu harus hati-hati dengan soal fakta dan opini ini karena harus dibaca dengan baik agar siswa bisa memilih jawaban yang benar. Soal ini harus dipelajari,” jelas Munsif

 Rangkaian acara diisi dengan penyusunan latihan soal Ujian Nasional 2014 berdasarkan kisi-kisi UN tahun 2014 per indikator oleh semua guru peserta bedah SKL yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu Kelompok Fisika dan Kelompok Biologi. Dengan Narasumber IPA Fisika adalah Bambang Agus Priambodo, M.Pd dari Pustekom Kemdikbud dan narasumber IPA Biologi Munsif, M.Pd.

Antusias guru nampak terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Dengan gamblang Munsif dan Bambang menanggapi satu persatu pertanyaan dari peserta dengan dilengkapi contoh-contoh. Meski hanya berlangsung kurang lebih lima jam namun peserta workshop merasa puas karena mendapatkan penjelasan soal-soal yang akan dikerjakan siswa nanti saat UN berlangsung. (Hasan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.