Digital Media Online

Laut Bukanlah Tempat Sampah

0

bersih laut

INFOPANTURA.COM – Brebes – Sampah bukanlah tempat sampah, sebab sampah yang ada di laut sangat berbahaya bagi warga di pesisir pantai, karena bisa mengakibatkan berbagai bencana, utamanya abrasi. Oleh karenanya persoalan sampah perlu disikapi dengan serius.

Demikian diungkapkan Bupati Brebes Jawa Tengah Hj Idza Priyanti disela-sela kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Randasanga Indah. ¬†Kegiatan dilaksanakan Jum’at (24/1) dan diikuti jajaran Forkompinda.

” Sampah yang ada di laut, kata Bupati, harus disikapi dengan serius. Selain berpotensi menyebabkan berbagai bencana dan penyakit, asal sampah yang ada di laut juga harus diperhatikan, karena bisa saja bukan dari warga sekitar pantai, namun kiriman dari sungai-sungai yang akhirnya bermuara dan menumpuk di laut,” katanya.

Karena itu, Bupati betul-betul berharap kegiatan bersih pantai ini memiliki efek yang luas karena menjadi contoh bagi seluruh masyarakat yang ada di daerah lain. Bupati mengatakan kegiatan bersih pantai sifatnya memberikan motivasi dan dorongan. Terutamanya bagi warga sekitar serta pengunjung pantai.

” ¬†Karena kebersihan pantai juga lingkungan bisa berhasil jika masyarakat ikut andil didalamnya,”tandasnya.

Ketua Panitia, Drs. Mayang Sri Herbimo yang juga Kepala Kantor Lingkungan Hidup mengatakan kegiatan bersih pantai merupakan kegiatan yang sifatnya berlanjut. Dengan sasaran agar masyarakat sekitar pantai serta para pengunjung objek wisata mampu secara sadar menjaga kebersihan.

Dalam kesempatan tersebut, berbagai macam sampah yang berserakan, mulai dari plastik, kertas, batang pohon hingga sampah yang terbawa arus ombak dipunguti oleh peserta bersih-bersih pantai. Oleh panitia, para peserta ini dibekali dua kantong sampah yang berbeda warna, satu warna untuk sampah organik sedang warna lainnya untuk sampah an-organik[teguh@infopantura.com]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.