Digital Media Online

Tabur Bunga Kenang Hari Relawan Nasional

0
Tabur Bunga Kenang Hari Relawan Nasional
Tabur Bunga Kenang Hari Relawan Nasional

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Memperingati Hari Relawan Nasional yang jatuh tepat pada hari ini Kamis (26/12) diperingati anggota Korps Sukarela PMI Unit UPS Tegal dengan melakukan serangkain kegiatan. Kegiatan dengan tema seribu bunga untuk relawan dipusatkan di Kampus Jl. Halmahera KM 1 sejak Rabu hingga Kamis (25-26/12).

Ketua PMI Kota Tegal Suranto, SPd saat dikonfirmasi mengatakan, peringatan hari Relawan Nasional diperingati setiap tahunnya. Oleh karenanya Palang Merah Indonesia mengintruksikan untuk melakukan kegiatan dalam rangka memperingatinya. Adapun kegiatan yang dilakukan diserahkan kepada pengurusPMI setempat.

Untuk PMI Kota Tegal sendiri, lanjutnya, melakukan kegiatan dimulai dengan kegiatan malam renungan yang dilakukan pada Rabu (25/12) malam tadi. “  Kegiatan renungan dilakukan di dua tempat, yakni di Markas PMI Kota Tegal dan di Kampus UPS. Kegiatannya sama, merefleksikan tentang gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah internasional sebagi induk dari PMI,” katanya.

Suranto mengatakan, untuk pelaksanaan Kamis (26/12) yang bertepatan dengan hari Relawan, kegiatan dimulai dengan apel siaga relawan di halaman Kampus UPS Tegal. Selanjutnya dilakukan tabur bunga di PAI dan terakhir dilakukan pembagian bunga mawar kepada para pengguna jalan. “ Semuanya melibatkan anggota KSR dan PMR,” katanya.

Hari Relawan sendiri menurut Suranto, bermula dari tragedy Tsunami yang melanda provinsi Nangroe Aceh Darussalam pada 26 Desember 2004. Pada saat itu, banyak relawan dari PMI maupun relawan lainnya yang bahu membahu  membantu mengatasi bencana besar tersebut. “ Melihat semangat dan dedikasi dari para relawan tersebut, presiden SBY kemudian menetapkan hari itu sebagai Hari Relawan Nasional,” terangnya.

Sementara itu, Pembina KSR PMI Unit UPS Tegal, Soesi Idayani, SH MH mengungkapkan jiwa social masyarakat saat ini mulai berkurang. Melalui momentum hari Relawan ini sangat diharapkan masyarakat dapat meneladani para Relawan yang telah bekerja dengan penuh semangat saat bencana di Aceh. “ Kami sengaja melakukan aksi membagikan bunga kepada masyarakat yang melintas di Jalan AR Hakim, hal ini dmaksudkan agar mereka dapat mengenal para relawan yang nantinya dapat menumbuhkan jiwa social dengan moncontoh sikap relawan,” ungkapnya.

Selain itu, untk mengenang jasa para relawan yang telah memberikan sumbangsihnya kepada Negara melalui tugas- tugas kemanusiaan yang telah dilakukan baik di Aceh maupun lainnya, pihaknya sengaja melakukan aksi tabur bunga sebagai bentuk penghormatan atas jasa mereka. (
teguh@infopantura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.