Digital Media Online

Kasus HIV/AIDS sangat memprihatinkan

0
ilustrasi
ilustrasi

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Jumlah penderita HIV/AIDS saat ini cenderung meningkat. Kondisi tersebut sangat memerlukan perhatian dan upaya serius dalam penanganannya. Selain itu, peran serta masyarakat juga sangat diperlukan dalam penanggulangannya. Demikian diungkapkan Ketua KPA Kota Tegal Jawa Tengah, Habib Ali Zaenal Abidin disela-sela kegiatan  peringatan Hari AIDS sedunia Senin (2/12).

Saat ditemui di Pasar Pagi Kota Tegal mengatakan, angka kasus HIV AIDS sangat memprihatinkan dan butuh upaya serius dan peran serta masyarakat. Dari data disebutkan pada Mei 2013 angka kasus HIV mencapai 40 kasus, AIDS 32 kasus dan 19 orang meninggal dunia. “Sedangkan Agustus 2013 mencapai 40 kasus HIV, 42 kasus AIDS dan 21 meninggal dan November 2013 angka kasus HIV mencapai 45 kasus dan 43 kasus AIDS,” terangnya.

Habib Ali menambahkan, selain mengajak masyarakat untuk peduli dan memberikan pemahaman, KPA juga memberdayakan para penderita HIV AIDS melalui pelatihan ketrampilan dan kewirausahaan, sehingga diharapkan para penderita juga mampu berdayaguna, bukan malah sebaliknya dijauhi dan dikucilkan.

Terkait kampanye yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari AIDS sedunia Habib mengatakan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Tegal melaksanakan Kampanye Bahaya Virus HIV AIDS. Kampanye dilaksanakan dengan turun ke jalan di 10 titik seperti di Pasar Pagi, Lapas, Terminal, dan titik-titik lainnya yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat.

Pada kampanye yang dilaksanakan, KPA juga dibantu oleh Tim dari Dinas Kesehatan dan Tim dari Fatayat NU. Selain mensosialisasikan lewat brosur dan gantungan kunci yang dibagi-bagikan kepada masyarakat juga mengajak masyarakat untuk peduli terhadap penyakit HIV AIDS. (teguh@infopatura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.