Digital Media Online

Jambore Cabang Resmi Ditutup

0
Ka.Kwarcab Kota Tegal menyerahkan tropy juara umum kepada perwakilan peserta
Ka.Kwarcab Kota Tegal menyerahkan tropy juara umum kepada perwakilan peserta

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Jambore Cabang Penggalang Kwarcab 11.35 Kota Tegal yang berlangsung sejak 21 hingga 23 Desember 2013 resmi ditutup. Penutupan dilakukan Katua Kwarcab Kota Tegal Drs. H. Khairul Huda, Msi Senin (23/12) Di Bumi Perkemahan PAI Tegal.

Dalam sambutannya Khaerul mengatakan Kegiatan prestasi Jambore hanyalah alat untuk mengetahui sejauh mana prestasi dan kemampuan yang dimiliki saat latihan di gudepnya masing-masing. Namun, menurutnya ada hal yang lebih penting dari itu semua. “ Pertama, kalian telah memiliki kemampuan mendekatkan diri kepada Tuhan, mengenal alam secara langsung dan memupuk rasa persaudaraan. Disitu ada nilai-nilai persatuan dan kesatuan, kemampuan mentaati aturam, kebiasaan dan tata krama. Sehungga kalian akan selalu berperilaku dan berbuat kebajikan dalam keluarga maupun orang lain,” tandasnya.

Selain itu, lanjutnya, para peserta juga menambah pengalaman, kecakapan dan tentu saja persaudaraan. Oleh karenanya pihaknya berpesan  apa yang didapatkan selama kegiatan hendaknya ditularkan kepada yang lain. “ Bawalah pesan ini pulang dengan harapan harus lebih giat berlatih, tiada hari tanpa latihan. Jadikanlah kegiatan ini suatu pengalaman yang tiada ternilai harganya,” katanya.

Sementara, Ketua Panitia, Dwi Ery Santoso saat membacakan laporan kegiatan mengatakan kegiatan jambore hanya diikuti 82 sekolah dari 150 sekolah yang direncanakan. Kegiatan Jambore dilaksanakan sejak Sabtu-Senin (21-23/12). Selama kegiatan para peserta mengikuti giat rutin dan giat prestasi. “ Giat rutin antara lain Ibadah, olah raga dan apel. Sementara giat prestasi antara lain penjelajahan, melukis pot bunga, hasta karya, pentas seni, pertendaan atau K3, pidato bahasa Indonesia, LCTP, Rotasi, wawasan, anventure chalangge dan karang pramitan,” ungkapnya.

Eri mengatakan setiap peserta yang telah mengikuti kegiatan Jambore SD/MI Kwartir Cabang Kota Tegal Jawa Tengah mendapatkan TISKA (tanda Ikut Serta) dan piagam penghargaan. Sementara bagi yang berprestasi dalam kegiatan tersebut akan memperoleh trophy. Dan bagi juara umum selain menerima tropy juara umum juga akan melaju ke Jambore tingkat daerah mewakili Kota Tegal pada bulan Agustus 2014 di Kabupaten Wonosobo.

Sementara itu, usai penutupan Jambore, para juara diumumkan. Keluar sebagai juara umum regu putra SD Tunas Hidup Harapan Kita (THHK). Sedangkan regu perempuan dimenangkan SD MKK 1. Dengan demikian, THHK dan MKK1 akan mengikuti Jambore tingkat daerah pada 2014 mendatang. (teguh@infopantura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.