Digital Media Online

Harga Buah Impor Mahal, Buah Second Jadi Incaran

0
Buahsecond diburu
Buahsecond diburu

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Imbas naiknya dolar terhadap rupiah, menyebabkan beberapa komoditi impor seperti menjadi mahal. Karena harga yang mahal, kini warga mulai mengincar buah kualitas jelek atau buah second. Hal itu dilakukan warga karena tetap menginginkan mengkonsumsi buah yang diinginkannya.

Seperti yang diutarakan Dirman, salah seorang pembeli, ia mengaku mencari buah second yang masih dapat dikonsumsi. Hal itu ia lakukan karena harga buah impor yang ada kini semakin tak terjangkau. Sementara buah lokal meski banyak namun rasanya berbeda dengan buah impor. Akibatnya ia terpaksa mengkonsumsi buah yang kualitas jelek.

“ Karena buah impor mahal jadi saya mencari buah yang kualitas jelek namun masih layak untuk dikonsumsi,” katanya.

Ia pun berharap agar rupia bisa kembali stabil sehingga komoditi yang diperoleh melalui impor dari luar egeri bisa dibeli masyarakat.

Sementara itu, Heru pemilik Marini Buah yang berlokasi di Jalan AR Hakim Kota Tegal Jawa Tengah menuturkan kenaikan harga buah terjadi pada beberapa buah impor seperti Apel, Anggur, Pisang. Namun kenaikan mencolok terjadi pada buah anggur. Harga semula hanya Rp. 50.000 perkilo kini menjadi Rp. 75.000. Meski demikian secara umum para pelanggan mulai menurun.

“ Karena penurunan itu bayak buah yang kurang laku akhirnya berangsur membusuk. Buah yang hampir busuk itulah yag disebut buah second. Kalau pun ada yang busuk itu hanya sebagian daging buahnya, bagian lainnya bisa dimakan,” katanya.

Heru menambahkan, buah second itulah yang saat ini banyak diminati warga. Mereka rela membeli buah tersebut lataran ingin tetap mengkonsumsi buah. (teguh@infopatura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.