Digital Media Online

Diperkirakan Inflasi Meningkat Jelang Libur Natal Dan Tahun Baru

0
suasana rapat TPID / ilustrasi
suasana rapat TPID / ilustrasi

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal – Inflasi pada bulan Desember 2013 berada pada kisaran 0,2%-0,3% (mtm) meningkat dari bulan sebelumnya yang mengalami deflasi sebesar -0,15% (mtm). Peningkatan inflasi terjadi akibat peningkatan permintaan masyarakat menjelang liburan panjang natal dan tahun baru.Demikian hasil rapat Tim Pengendalian  Inflasi Daerah (TPID) Kota Tegal , Senin (23/12).

Diah Kemala Shinta, SH Ketua Tim Teknis mengatakan Komoditas bahan pokok mengalami kenaikan harga diantaranya cabe rawit, cabe merah, beras, telur, ayam ras, daging ayam ras, emas perhiasan, tarif angkutan, kereta api dan gas elpiji 12 Kg.

” Sementara bawang merah, jagung,  buah-buahan, bumbu rempah-rempah dan gula merah menurun,”katanya.

Dirinya menambahkan, sementara Stok operasional beras yang dikuasai Bulog Sub Divre VI Pekalongan per 23 Desember 2013 sejumlah 54.999 ton setara beras, mampu memenuhi kebutuhan operasional hingga bulan Agustus 2014. Sementara pengadaan yang telah dilakukan selama 2013 mencapai 118.210 ton setara beras.

Memasuki tahun 2014, kondisi perekonomian diperkirakan akan menghadapi tantangan cukup besar yang berasal dari situasi perekonomian global yang tidak menentu dan merupakan tahun politik terkait dengan pemilu legislatif dan pilpres. Upah Minimum Kota Tegal tahun 2014 telah ditetapkan sebesar Rp. 1.044.000,- per bulan, mengalami kenaikan sebesar 21,4% dari UMK tahun sebelumnya.

Dikatakan pula, terkait kondisi perekonomian tahun depan, setiap kebijakan kenaikan tarif yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tegal hendaknya memperhatikan kondisi daya beli masyarakat dan dampak sosial yang ditimbulkannya. Menghimbau SKPD terkait untuk menjaga kelancaran dan keamanan lalu lintas untuk kelancaran distribusi barang antar daerah.(ahmad@infopantura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.