Digital Media Online

Anggaran Pemerintah Tak Penuhi Kegiatan Non Akademik

0

tinjau rehab

INFOPANTURA.COM – Brebes – Pemerintah saat ini berupaya mendorong majunya pendidikan di Indonesia. Hal itu diwujudkan dengan pengucuran sejumlah bantuan kepada sekolah sebagai penyelenggara pendidikan. Kendati demikian, ternyata  anggaran yang disediakan pemerintah tidaklah sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan pendidikan diluar kegiatan akademik. Seperti rehab sekolah, pembangunan ruang kelas baru ataupun pengiriman kontingen dalam suatu kegiatan olah raga dan kesenian. Oleh karenanya diperlukan partisipasi masyarakat.

Berkenaan dengan itu Bupati Brebes, Idza Priyanti sangat merespon partisipasi masyarakat, terutama dalam rehab sekolah yang di danai dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Menurutnya Swakelola DAK, mendorong partisipasi masyarakat sangat tinggi. Hal itu disampaikan Idza saat memantau kegiatan pembangunan rehab SD Salem 04, Kamis (05/12/2013).

Idza menaruh hormat kepada masyarakat yang telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk membantu rehab SD Salem 04.

Sementara  Kepala SD N Salem 04 Eni Budi Hartati AMd menjelaskan, sekolahnya mendapatkan DAK senilai Rp 300 juta. Anggaran tersebut hanya cukup untuk merehab 4 lokal ruang kelas. Namun berkat partisipasi warga sekitar, anggaran tersebut bisa dikembangkan, sehingga mampu merehab enam kelas.

Ketua Komite SD Salem 04 Kuteng S Cartam SH mengaku sangat bangga dengan partisipasi masayarakat Salem yang mencapai 90 persen. Menurutnya program rehab swakelola ini dimulai sejak 27 November 2013 dan diperkirakan akan selesai 60 hari ke depan. Sebagian partisipasi masyarakat berupa tenaga kerja secara sukarela. “Hingga saat ini, sudah 200 orang yang telah menyumbangkan tenaganya,” tutur Kuteng.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes Drs Dedy Supriyono mengatakan, kalau SD N Salem 04 telah mendapatkan bantuan DAK untuk Rehab Berat untuk 2 lokal pada tahun 2012. “Tahun 2013, kembali mendapatkan DAK Rehab Berat untuk 4 lokal,” tandasnya saat mendampingi peninjauan. (teguh@infopantura.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.