Digital Media Online

Setahun Usai Disurvey, RTLH Tak Kunjung Turun

0 31

rumah miskin

INFOPANTURA.COM – Kota Tegal –  Menjadi orang miskin memang serba susah. Terlebih jika ingin mendapatkan rumah layak. Seperti yang dialami seorang warga di Kota Tegal Jawa Tengah. Meski rumahnya yang cukup memprihatinkan sudah disurvey Pemerintah setempat lebih dari setahun lalu, hingga kini dirinya belum juga mendapatkan bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Ia sendiri bingung mengapa bisa demikian.

Warga tersebut sebut saja namanya Kambali warga Jalan Werkudoro RT01 RW05 Kelurahan Slerok. Rumahnya yang berukuran 72 meter persegi sebagian terbuat dari batu bata, sebagian lagi dari anyaman bambu. Tak hanya itu, lantai rumahnya itu masih berupa tanah yang ditutupi banner bekas. Kondisi atapnya pun sama terbatasnya, setiap hujan rumahnya basah karena banyak genteng yang bocor.

” Dulu saya sempat mengajukan permohonan bantuan kepada Walikota. Bahkan sudah sempat disurvey ada apa. Tapi sudah hampir 2 tahun bantuan itu tak kunjung datang,” katanya.

Dulu saat disurvey,lanjut Kambali rumahnya pun belum memiliki jamban. Namun karena bantuan tak kunjung datang ia terpaksa berhutang pada tetangga dan saudaranya untuk membuatnya dengan swadaya. Kini rumahnya sudah memiliki jamban untuk keluarga.

Kambali sedikit beruntung, ia bisa menikmati program jamkesta untuk dirinya dan keluarganya. Kini ia terus berharap ada bantuan dari Pemerintah agar bisa memberikan bantuan RTLH. Pasalnya meski sederhana rumahnya kini juga dipakai sebagai taman pintar untuk anak yatim disekitarnya.[teguh@infopantura.com]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.