Digital Media Online

Sekolah Bantu Dinas Pendidikan Lahirkan Bibit Unggul

0
Lestarikan Budaya, Dinding Sekolahnya Dibatik
Lestarikan Budaya, Dinding Sekolahnya Dibatik

INFOPANTURA.COM – Brebes – Guna membantu mendorong lahirnya bibit unggul dalam bidang seni dan bahasa, sebuah sekolah rela menggelar Festival Bahasa dan Seni. Meski pertama kalinya digelar, lomba tersebut kebanjiran peserta yang ingin mengikuti lomba.

Kepala SMA N 1 Wanasari Sadimin saat ditemui disela kegiatan Selasa (12/11/2013) mengatakan kegiatan event bahasa dan seni  sengaja digelar pihaknya untuk membantu Dinas Pendidikan maupun pemerintah daerah melahirkan bibit-bibit baru.  “Event serupa, tidak banyak digelar sehingga kami memandang perlu untuk membantu menggairahkan,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan, peserta tidak hanya mengasah kemampuan bahasa dan seni tetapi juga untuk mendapatkan bibit unggul, Sehingga bisa bersaing ketika berlaga dievent tingkat provinsi.

Pembina OSIS SMA N 1 Wanasari Samdum Chaery SPd menambahkan meski baru kali pertama digelar, namun peminatnya sangat membludak. Hal itu  menandakan, para siswa dan sekolah mendambakan event-event kegiatan pencarian bakat.

Event yang digelar, lanjutnya, meliputi lomba baca puisi, lomba pidato, lomba bercerita, dan lomba seni vokal. “Dari target 100 sekolah, ternyata yang mendaftar sampai 200 sekolah negeri dan swasta,” terangnya.

Disebutkannya, mekanisme lomba diatur sedemikian rupa. Untuk lomba baca puisi, peserta membacakan satu puisi wajib Indonesia, Aku
Masih Tetap Mencintaimu karya Ahmadun Yosi Herfanda dan satu puisi pilihan antara lain Puisi Panglima Besar Jenderal Sudirman (Sides Sudiyanto DS), Dibalik Seruan Pahlawan (Zhara Aurora), dan Pahlawan Tak Dikenal (Toto Sudarto Bahtiar). ” Sementara Lomba pidato peserta menyampaikan tema Nasionalisme dan Generasi Muda Masa Kini dalam durasi maksimal 10 menit,”.

Sedang cerita rakyat, peserta dengan bebas menceritakan kembali cerita rakyat daerah yang ada di daerah-daerah Indonesia dalam durasi 10 menit. Lalu untuk lomba seni vokal peserta putra membawakan lagu wajib Indonesia  pusaka sedangkan peserta putri lagu Tanah Airku. Untuk lagu pilihan antara lain Dealova (Once), Simpony Yang Indah (Once), Diantara Kita (Tia Afi), Bunga Perawan (Gita Gutawa), Mimpi (Anggun C Sasmi) dan Rumah Kita (Akhmad Albar)

Setelah melalui penjurian yang ketat dan adil, akhirnya untuk lomba baca puisi diborong siswa siswi SMP 2 Brebes, yakni  juara 1 Chaerullah Aldan, juara 2 Rakan Manggal D dan juara 3 Rizki Dinda Saputri.

Lomba bercerita, juara 1 Rizta Litha dari SMP N 2 Brebes, Juara 2 Sabila Arnaya (MTs N Brebes), juara 3 Ega Brilian T (SMP N 1 Bulakamba). Untuk Juara Pidato, juara 1,2 dan 3 diborong SMP Islam Bustanul Ketanggungan. Para juara, sambung Samdum, selain mendapat piagam, piala kejuaraan juga mendapatkan sejumlah uang pembinaan.[teguh@infopantura.com]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.